Cara kerja dan istilah-istilah Google Analytics

Jika Anda ingin memasukkan data apa pun dari situs Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs Anda. Segera setelah

Cara kerja dan istilah-istilah Google Analytics. (Foto: Dok. Idcloudhost)
SUARAUMAT.com - Jika Anda ingin memasukkan data apa pun dari situs Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs Anda. Segera setelah tag ditempatkan dengan benar, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam laporan yang terdiri dari metrik dan dimensi.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa metrik adalah yang menghasilkan angka yang akan Anda temukan di platform. Apa pun yang dapat diukur dengan angka adalah metrik yang mencakup jumlah pengguna, jumlah pembelian, rasio konversi, waktu rata-rata di situs, dll. Dimensi adalah cara metrik dapat disegmentasikan. Berikut beberapa istilah dalam Google Analytics yang harus Anda ketahui:

Akun

Tempat di mana setiap properti ada di dasbor Anda. Anda dapat menyiapkan beberapa properti dalam satu akun atau memiliki beberapa akun untuk properti yang berbeda.

Properti

Istilah properti mengacu pada situs web atau aplikasi seluler yang ingin Anda lacak, yang telah mampir atau mengunjungi ke situs web atau blog Anda.

ID pelacakan

Kode unik ditambahkan ke situs Anda yang memungkinkan Google Analytics melacaknya.

Saluran/sumber lalu lintas atau trafik

Ini menunjukkan dari mana asal lalu lintas atau trafik ke situs Anda, seperti rujukan atau tautan dari situs lain, mesin pencari, media sosial, dan email.

Sesi durasi

Sesuai dengan namanya, bagian ini adalah berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda.

Bounce rate

Lalu ada bounce rate yang mengacu pada persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman lalu pergi.

Session

Perilaku pengunjung tertentu, seperti saat pengunjung mengeklik iklan, menonton atau menghentikan video, mengunduh file, dan lainnya.

Pencarian organik

Sedangkan yang termasuk dalam organic search atau pencarian organik adalah dimana pengunjung mengunjungi situs Anda dari link di halaman hasil pencarian.

Segmen

Apakah Anda memiliki target tertentu? Kemudian Anda dapat mencoba memeriksa segmen yang merupakan cara untuk memfilter data, seperti berdasarkan kategori dan jenis pengunjung.

Selain istilah di atas, ada juga jenis laporan yang tidak boleh Anda lewatkan, berikut adalah istilah dari jenis laporan tersebut yang harus Anda ketahui:

Konversi

Lacak berapa banyak pengunjung yang berkonversi menjadi pelanggan buletin, pembeli, dan pelanggan sebenarnya. Klik tab Konversi dan pilih jenis atau kategori konversi untuk melihat laporan.

Akuisisi

Menunjukkan dari mana lalu lintas berasal, seperti mesin telusur, media sosial, kampanye pemasaran email, dan tautan dari situs web lain. Anda akan menemukannya di bawah tab Akuisisi.

Kata kunci

Memberi tahu Anda kata-kata pencarian yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs web Anda di mesin pencari. Anda akan menemukan laporan ini di tab Perilaku, di bawah Penelusuran Situs.

Pengguna aktif

Pengguna aktif memantau jumlah pengunjung yang benar-benar aktif di situs Anda selama periode waktu tertentu, seperti seminggu terakhir, 14 hari, atau sebulan. Hal tersebut juga akan menunjukkan kepada Anda halaman apa yang paling banyak dikunjungi pengguna aktif sehingga Anda dapat mengetahui apa yang menarik perhatian mereka dan menerapkannya ke seluruh situs web Anda. Anda dapat menemukan laporan pengguna aktif di tab Audiens di bawah Pengguna Aktif.

Nilai seumur hidup

Saat ini dalam versi beta, laporan Nilai Umur melacak pengunjung sepanjang masa hidup mereka, mulai dari kunjungan pertama hingga konversi, kunjungan kembali, pembelian di masa mendatang, dan seterusnya. Ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang mengubah pengunjung ini menjadi pelanggan dan apa yang membuat mereka datang kembali sehingga Anda dapat menerapkan perubahan tersebut. Nilai umur hidup terletak di bawah tab Audiens.

Landing page atau halaman arahan

Landing page atau halaman arahan menunjukkan halaman mana yang merupakan halaman arahan paling sering sehingga Anda dapat melacak dari mana pengunjung itu berasal dan apa yang berhasil di halaman teratas yang menarik pelanggan. Anda akan menemukan ini di berbagai laporan di bawah kolom halaman arahan.

(su/kp)

COMMENTS

BEST MONTH