Dies Natalis Universitas Indonesia ke-72 Mengabdi Untuk Kemandirian Bangsa, Universitas Indonesia Tetap Di Posisi Satu di Indonesia Versi Webometrics

Dedikasi yang luar biasa dari warga UI maupun para alumni berupa sumbangsih nyata bagi Indonesia, sudah menjadi “perayaan” perjalanan UI selama lebih

72 TAHUN BERKIPRAH, UNIVERSITAS INDONESIA TETAP DI POSISI SATU DI INDONESIA VERSI WEBOMETRICS. (Foto: Media Relations UI)

Depok, SUARAUMAT.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Menkop UKM RI) Teten Masduki menyampaikan orasi dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke-72 Universitas Indonesia (UI) secara daring pada Rabu (02/02). 

Dalam sambutannya, Teten Masduki mengucapkan selamat ulang tahun ke-72 kepada seluruh keluarga besar UI, ia berharap UI dengan visi entrepreneurial university dapat memperkuat hubungan antara pendidikan, penelitian, inovasi dan kewirausahaan.

Tahun ini, sejalan dengan semangat transformasi UI menuju entrepreneurial university, tema yang diangkat dalam Dies Natalis ke-72 UI adalah UI Mengabdi Untuk Kemandirian Bangsa.

Perayaan dies natalis diselenggarakan secara hybrid, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

Meskipun demikian, Rektor UI Rektor UI, Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D mengatakan dalam pidato yang disampaikan, “Dedikasi yang luar biasa dari warga UI maupun para alumni berupa sumbangsih nyata bagi Indonesia, sudah menjadi “perayaan” perjalanan UI selama lebih dari tujuh dekade.”

Saat ini, UI yang semula merupakan traditional mission university, bergerak menuju entrepreneurial university. Hal itu ditandai dengan koneksi antara pendidikan, penelitian dengan inovasi, dan kewirausahaan. 

Struktur integral yang menghubungkan ketiga unsur tersebut ditujukan untuk menanamkan budaya inovasi dan kewirausahaan dalam pendidikan dan penelitian. 

Menurut Teten, UI memiliki visi yang sejalan dengan semangat dan prioritas Kemenkop UKM RI tahun 2022, yaitu meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia, sehingga menciptakan pekerjaan kelas menengah baru, menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kokoh serta rasio kewirausahaan dapat mencapai 3,95% di tahun 2024. 

Selaku Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten mengajak Universitas Indonesia untuk memperkuat kolaborasi menjadi jembatan UMKM dalam berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi, agar UMKM dapat naik kelas dan mendunia. 

Selain itu, ia juga menyampaikan selamat kepada UI atas prestasinya dalam memberikan sumbangsih besar bagi inovasi, paten dan kewirusahaan Indonesia. Teten berharap, UI dapat melahirkan tokoh-tokoh pembaharu untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

Universitas nomor satu di Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Orasi Ilmiah pada acara Dies Natalis (hari lahir) UI Ke-72, Jakarta, Rabu (2/2). (Foto: Media Relations UI)
Bersamaan dengan Dies Natalis itu, UI menerima kabar baik bahwa Webometrics Ranking of World Universities menempatkannya di posisi satu di Indonesia, dan peringkat 649 di dunia. 

Pada edisi sebelumnya di bulan Juli 2021, UI menempati peringkat 729 se-dunia, dan peringkat 9 se-Asia Tenggara.

“UI adalah satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam peringkat sepuluh besar di Asia Tenggara. Pada edisi Januari 2022, selain tetap berada pada posisi teratas di Indonesia, UI mencapai peningkatan yang luar biasa dengan menempati peringkat 649 se-dunia yang artinya UI berhasil melesat sebesar 80 peringkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu. UI juga berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat ke-9 se-Asia Tenggara,” kata Amelita Lusia MSi, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI.

Jika ditinjau lebih rinci pada setiap indikator, pada Impact Rank UI naik 77 peringkat menjadi 359 di dunia, pada indikator Openness Rank UI tetap berada pada peringkat ke-761 dunia, dan pada indikator Excellence Rank UI naik 73 peringkat menjadi 1177 dunia.

Pencapaian di awal tahun 2022 tersebut diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator, yaitu:

  1. Visibility atau web contents impact (dengan bobot 50%) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum); 
  2. Transparency atau openness (dengan bobot 10%) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles; dan 
  3. Excellence atau scholar (dengan bobot 40%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah diantara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info.

Peluncuran Klinik Satelit Indonesia

Dalam peringatan Dies Natalis ke-72 ini, Rektor UI meresmikan peluncuran pembangunan dan pengembangan kembali Klinik Satelit Universitas Indonesia di Kampus Salemba, Jakarta Pusat. 

Pada awal tahun 2020, UI memulai renovasi dan mengubah fungsi eks Gedung Optoelektronika di Kampus Salemba untuk menjadi Klinik Satelit UI Salemba yang representatif. 

Dengan adanya Klinik Satelit ini, warga UI di Kampus Salemba dapat menikmati layanan kesehatan terbaik, termasuk adanya wahana kesehatan primer untuk pendidikan dan penelitian.

Perayaan Dies Natalis ke-72 UI dihadiri secara daring oleh Ketua Majelis Wali Amanat Saleh Husin, M.Si., Ketua Senat Akademik Universitas Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, M.Sc., M.Phil., Ph.D., Dewan Guru Besar Prof. Harkristuti Harkrisnowo, S.H, M.A, Ph.D., para Dekan, Direktur Sekolah, Direktur Program Pendidikan Vokasi, Ketua Umum ILUNI UI, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UI.

Galeri foto, Oleh: Media Relations UI






Pewarta: Konradus Pfedhu

Editor: Konradus Pfedhu

COMMENTS

BEST MONTH