Gegara kuliah di Oxford dituduh membohongi publik, Wirda Mansur bilang begini

Wirda Mansur akhirnya angkat bicara soal tudingan netizen atas status pendidikannya di Universitas Oxford (University Oxford)dan Universitas

Wirda Mansur jawab tudingan netizen soal pembohongan publik gara-gara kuliah di Oxford dan Buckingham, Inggris. (Foto: Instagram @wirda_mansur)

TANGERANG, SUARAUMAT.com - Wirda Mansur akhirnya angkat bicara soal tudingan netizen atas status pendidikannya di Universitas Oxford (University Oxford)dan Universitas Buckingham atau Buckingham University di Inggris. Gara-gara tudingan tersebut, namanya kembali menjadi sorotan.

Gadis kelahiran 29 November 2001 itu dituding membohongi publik soal latar belakang pendidikannya. Usai viral, Putri sulung Ustadz Yusuf Mansur (UYM) itu mengklarifikasinya.

"Halo semuanya, jadi di sini gue mau meluruskan yang lagi viral belakangan ini. Gue juga nggak ngerti ko bisa gitu aja viral. Its okay, I'm very open to you, jadi gue mau meluruskan semuanya," ujar Wirda Mansur dalam pembukaan videonya di Instagram story seperti dilihat Suaraumat.com, Kamis (24/2/2022).

Klarifikasi pertama yang disampaikan Wirda Mansur terkait tudingan kuliah di tiga kampus. Dia membantah berita itu tetapi kenyataannya dia belajar di empat kampus.

"Jadi gini ya banyak yang bilang, katanya gue kuliah di tiga kampus. Iya itu bohong, tapi sebenarnya bukan tiga tapi empat say. Jadi kayaknya kalau mereka tahu kalau gue kuliah di empat, wah kayaknya mereka bakal bisa..," lanjutnya sambil tertawa.

Wirda Mansur juga menjelaskan permasalahan awal dengan latar belakang pendidikannya. Pada tahun 2017, ia mengaku mengambil International Baccalaureate (IB) di Oxford University namun tidak tamat, kemudian kembali ke Indonesia, dan mencoba mendaftar di kampus lain yaitu Raffles University.

Ia pun berusaha mencoba memberikan bukti kepada para pengikutnya dengan jadwal mata kuliah yang ia ambil hingga tiga semester. "Abis itu gue out," katanya.

Pada tahun 2018, ia juga mengambil gap year atau cuti dan memutuskan untuk istirahat sejenak selama satu tahun. Kemudian, mendaftar lagi di The University of Buckingham atau UoB di Inggris.

"Ini jadwal (kuliah). Ambil jurusan Business Enterprise. Di samping itu, ambil double degree di Institut Daarul Qur'an Jakarta jurusan Ilmu Hadis.

Baca juga: Wirda Mansur mengklaim ada misinformasi tentang lulusan Oxford University

"Jadi ambil di UK (Inggris) dan di sini," tegas Wirda Mansur.

Dia pun berharap kepada netizen yang kepo dengan kuliahnya, klarifikasi tersebut bisa menjawab rasa penasaran dan tidak lagi membuat ghibah.

"Yang penting doain aja lah, dan sekarang gue lagi cuti (kuliah)," jawabnya.

Sebelumnya, seorang netizen dengan akun Twitter @strawbeelly membuat status menghebohkan tentang Wirda Mansur.

"Sorry I have to say this, Wirda Mansur is totally a liar. Di Linkedin nulis kuliah di Oxford, di highlight qna beda lagi, dan faktanya kuliah di univ bapaknya dewe," cuit akun @strawbeelly.

Dalam highlight tanya jawab yang dibuatkan sorotan dalam Instagram pribadinya, ada seorang netizen yang bertanya tentang S1 dan jurusan yang diambilnya. Wirda Mansur pun menjawab mengambil jurusan Business Enterprise di The University of Buckingham (UoB).

"S1 di UoB, jurusan Business Enterprise, S2 beloman shay, doakeun ya semoga sampe ke S2, dst," tulis Wirda Mansur.

(Sum/kp)

COMMENTS

BEST MONTH