Getaran pilpres - pileg 2024 mulai terasa, di kota Bekasi Laskar Ganjar Puan gelar Rakercab

Pemilihan umum presiden dan legislatif masih dua tahun lagi tetapi getarannya sudah mulai terasa saat ini. Salah satunya adalah keberadaan sayap

Kolase foto Ganjar Pranowo (kiri) dan Puan Maharani. (Suaraumat.com/Konradus Pedhu)

BEKASI, SUARAUMAT.com - Pemilihan umum presiden dan legislatif masih dua tahun lagi tetapi getarannya sudah mulai terasa saat ini. Salah satunya adalah keberadaan sayap organisasi relawan yang menamakan dirinya Laskar Ganjar Puan. 

Laskar Ganjar Puan (LGP) terus menyatukan visi dan misinya melalui rapat kerja di beberapa kota/kabupaten dan provinsi di seluruh Indonesia. Kali ini, LGP Kota Bekasi akan menggelar rapat kerja cabang (rakercab), Minggu (20/2/2022).

Kemeriahan menyambut Rakercab tersebut sudah terasa, hal ini bisa dilihat dari baliho raksasa Ganjar-Puan dan Ir Soekarno berukuran 6x12 meter di depan kantor Wali Kota Bekasi, Jawa Barat.

Rakercab akan berlangsung di Gedung Girsang yang juga akan dihadiri Ketua Dewan Pembina Mochtar Mohamad, Ketua Umum Nawang Andi Kusumah, Sekjen Imam Haryo Pradigdo, serta anggota dan jajaran pengurus DPP, 12 PAC, dan 52 ranting dengan 700 peserta.

Ketua DPC LGP Kota Bekasi Yahya P mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah penguatan kepengurusan organisasi hingga ke akar rumput.

Kata Yahya kepada media, kenapa mengusung Ganjar-Puan, hal ini untuk membuat hattrick di Pemilu Legislatif dan Presiden 2024.

Yahya menjelaskan, beberapa indikator untuk mengukur potensi keistimewaan duet Ganjar-Puan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024.

Indikator-indikator tersebut antara lain, pertama, Ganjar Pranowo adalah kader ideologis Bung Karno, sedangkan Puan Maharani adalah kader ideologi sekaligus kader biologis Bung Karno.

Baca juga: Ganjar ke Puan kalau ke Jateng saya sambut paling depan

Kedua, pada Pilpres 2024, ambang batas Presidential Threshold, hanya PDI-P yang mampu mengajukan pasangan presiden dan calon presiden sendiri. Ketiga, pada pemilu 2024, pemilihan presiden akan berbarengan dengan pemilihan legislatif.

Efek ekor jas dari partai yang mengusung kader sebagai calon presiden atau wakil presiden akan memengaruhi perolehan suara dan kursi di legislatif dan pemilihan kepala daerah.

Ketua Dewan Pembina LGP Mochtar Mohamad, garis keturunan Puan Maharani adalah cucu dari proklamator bangsa yaitu Bung Karno dan cucu dari Tjik Agus Kiemas, ayah dari Muhammad Taufik Kiemas, yang merupakan tokoh Masyumi di Sumatera.

Ganjar Pranowo dianggap memiliki kapasitas untuk menyedot preferensi pemilih partai yang tidak memiliki calon presiden sendiri. Kemunculan nama Ganjar Pranowo diklaim banyak pihak menjadi magnet baru bagi para pemilih pemula.

(Sum/kp)

COMMENTS

BEST MONTH