Lima hotel mewah terbaik dan tertinggi di Indonesia, bukti prospek cerah konstruksi

Indonesia dipandang sebagai negara dengan prospek konstruksi properti yang menjanjikan pada 2022. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya

Hotel Westin Jakarta. (Foto: Dok. Istimewa)
JAKARTA, SUARAUMAT.com - Indonesia dipandang sebagai negara dengan prospek konstruksi properti yang menjanjikan pada 2022. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya proyek gedung pencakar langit yang menjulang di atas 200 meter dari permukaan tanah. Bahkan, dua di antaranya masuk dalam kategori supertall atau gedung pencakar langit yang tingginya lebih dari 300 meter.

Menurut Director of Marketing and Communications Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) Elizabeth Randgaard, secara arsitektural ada tiga gedung lebih dari 200 meter yang akan selesai pada 2022. 

“Dua dari tiga gedung pencakar langit itu adalah Autograph Tower, dan Luminary Tower,” kata Elizabeth kepada awak media di Jakarta.

Menariknya, para pengembang gedung-gedung tinggi ini menempatkan hotel-hotel dengan jaringan internasional sebagai magnet utama untuk menarik pengunjung.

Tidak main-main, jaringan internasional yang bermitra adalah perusahaan hotel legendaris dengan merek ternama. Misalnya Hilton Worldwide, dan Pan Pacific yang bermitra dengan PT Putragaya Wahana untuk mengelola hotel di Autograph Tower dengan brand Waldorf Astoria dan Park Royal di Luminary Tower.

Ketika dua gedung pencakar langit ini selesai dan beroperasi, Waldorf Astoria dan Park Royal akan menjadi hotel tertinggi pertama dan kedua di Indonesia, dengan ketinggian masing-masing 382,9 meter dan 301 meter. Saat ini rekor hotel tertinggi di Indonesia masih dipegang The Westin Jakarta yang terletak di gedung Gama Tower setinggi 285,5 meter.

Gedung ini dikembangkan dan dimiliki oleh Gama Land yang dipimpin oleh Ganda bersaudara dan Martua Sitorus. Mereka bekerja sama dengan Marriott International untuk mengelola The Westin Jakarta.

Selanjutnya, hotel tertinggi kedua adalah Raffles Hotel yang merupakan bagian dari Accor Group. Raffles Hotel terletak di Ciputra World 1 Jakarta yang dikelola oleh PT Ciputra Development Tbk dengan ketinggian 253,34 meter.

Inilah daftar lengkap lima nama hotel mewah tertinggi di Indonesia:

1. The Westin Jakarta


Dikembangkan dan dimiliki oleh Gama Land. Brand hotel bintang lima di bawah naungan Marriott International, terletak di gedung Gama Tower setinggi 285,5 meter.

2. Raffles Jakarta

Dikembangkan dan dimiliki oleh PT Ciputra Development Tbk. Menempati gedung Ciputra World 1 Jakarta yang menjulang setinggi 253,34 meter. Merek Raffles adalah bagian dari jaringan Grup Accor.

3. Keraton at The Plaza

Sebelumnya hotel yang terletak di pusat bisnis Jakarta itu dikelola oleh Luxury Collection yang merupakan salah satu brand dari jaringan Marriott International. Saat ini hotel setinggi 225 meter tersebut dimiliki dan dikelola oleh PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

4. The Ritz-Carlton Jakarta

Hotel ini dibangun dan dimiliki oleh Century Properties Group Indonesia dengan struktur mencapai 212 meter. Merek Ritz-Carlton diakui sebagai bagian dari Marriott International.

5. Regent Hotel at Mangkuluhur City

KG Global Development, dipimpin oleh Harry Gunawan, bekerja sama dengan IHG Group untuk mengelola properti perhotelan di bawah merek Regent Hotel. Gedung yang terletak di Jl Gatot Subroto ini memiliki ketinggian 211,5 meter.

(Red/Su/kp)

COMMENTS

BEST MONTH