Memahami definisi Google Analytics dan cara kerjanya

Jika Anda adalah pemilik website atau toko online, Anda sangat membutuhkan Google Analytics untuk memantau perkembangan website Anda, dan berapa

Memahami definisi Google Analytics dan cara kerjanya. (Foto: Dok. Idcloudhost)

SUARAUMAT.com - Jika Anda adalah pemilik website atau toko online, Anda sangat membutuhkan Google Analytics untuk memantau perkembangan website Anda, dan berapa banyak pengunjung yang datang ke website Anda. 

Ini adalah teknik untuk mengetahui seberapa jauh situs atau toko online atau blog Anda telah menjangkau pembaca Anda dari waktu ke waktu. Anda tidak perlu menyewa layanan lain untuk dapat melihat laporan kemajuan website Anda karena ini adalah cara yang paling praktis.

Baca juga: Cara kerja dan istilah-istilah Google Analytics

Anda dapat menghubungkan Google Analytics ke situs Anda sehingga Anda dapat memantau kemajuan situs atau web Anda. Di sini Anda juga dapat menganalisis apakah kampanye Anda berhasil atau tidak, Anda dapat melihat lonjakan pengunjung situs web di Google Analytics dan banyak hal lain yang dapat Anda gunakan sebagai alat penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan situs web dan blog Anda.

Jadi apa yang bisa Anda lihat di Google Analytics? 

Google Analytics dapat memungkinkan Anda melihat berapa banyak pengunjung yang Anda miliki, berapa lama mereka berada di situs Anda, dan seterusnya. Pada artikel ini Anda akan mengetahui seluk beluk Google Analytics, jadi baca artikel ini sampai akhir.

Secara sederhana, Google Analytics menyediakan akses ke sejumlah besar data yang terkait dengan cara pengguna menemukan dan berinteraksi dengan situs Anda. Misalnya, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi halaman tertentu, berapa lama pengguna Anda berada di sana, di mana mereka tinggal, bagaimana kinerja kata kunci tertentu, dan sebagainya.

Untuk memudahkan pemilik situs web dan blog, Google Analytics dapat diintegrasikan di situs web Anda melalui kode atau melalui plugin WordPress mereka, Site Kit. Sedangkan jika Anda menggunakan Blogger, platform terkenal lainnya selain WordPress, Anda beruntung karena merupakan bagian dari Blogger itu sendiri sehingga memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna platform ini.

(Su/Kp)

COMMENTS

BEST MONTH