Resmi! Roman Abramovich tidak lagi mengelola Chelsea

Pemilik klub Inggris The Blues Chelsea, Roman Abramovich, mengeluarkan pernyataan bahwa ia telah menyerahkan pengelolaan klubnya kepada sebuah yayasan

Pemilik klub Inggris The Blues Chelsea, Roman Abramovich. (Foto: The Sun/AFP)

LONDON, SUARAUMAT.com - Pemilik klub Inggris The Blues Chelsea, Roman Abramovich, mengeluarkan pernyataan bahwa ia telah menyerahkan pengelolaan klubnya kepada sebuah yayasan amal klub.

Seperti diketahui, Abramovich telah menjadi pemilik Chelsea sejak 2003. Namun, konglomerat Rusia itu mendapat banyak kritik menyusul krisis yang melanda Ukraina saat ini. 

Rusia telah menyatakan perang dengan Ukraina. Di bawah komando presiden Vladimir Putin, Rusia telah melakukan serangan militer di wilayah Ukraina.

Abramovich, yang memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Rusia, juga terpengaruh. Banyak yang meminta Abramovich segera hengkang dari Chelsea.

Pernyataan Abramovich

Diberitakan, Abramovich pemilik Chelsea akhirnya mengeluarkan sebuah pengumuman penting jelang sehari sebelum Chelsea menghadapi Liverpool di final Piala Carabao. Dia menyerahkan manajemen klub ke yayasan amal klub.

Dalam sebuah pernyataan di situs resmi Chelsea, Abramovich mengungkapkan, bahwa selama hampir 20 tahun kepemilikannya di Chelsea FC, ia selalu memandang perannya sebagai penjaga klub, yang tugasnya adalah memastikan bahwa timnya sukses seperti sekarang ini, serta membangun masa depan timnya, sambil juga mengambil peran positif untuk komunitas timnya.

Baca juga: Ini komentar Tuchel jelang final Carabao Cup Chelsea Vs Liverpool

Lebih lanjut Abramovich mengatakan, dirinya selalu membuat keputusan demi kepentingan terbaik klub. Ia tetap berkomitmen pada nilai-nilai yang dianutnya. Itulah mengapa ia hari ini mempercayakan Chelsea kepada Yayasan Amal Chelsea atau Chelsea Foundation untuk mengelola dan merawat Chelsea FC.

Abramovich juga menambahkan, bahwa dirinya percaya saat ini Yayasan Amal Chelsea berada dalam posisi terbaik untuk menjaga kepentingan klub, pemain, staf, dan penggemar."

Abramovich dan Chelsea

Roman Abramovich menggeluti dunia sepak bola Inggris sejak tahun 2003. Saat itu ia mengambil alih Chelsea dari pemilik sebelumnya Ken Bates.

Di bawah kepemimpinannya, Chelsea menjadi salah satu klub yang paling disegani. Mereka mampu meraih gelar juara baik di pentas domestik maupun Eropa.

Chelsea telah memenangkan lima gelar Liga Inggris. Tak hanya itu, The Blues juga mampu mengangkat dua trofi Liga Champions dan dua Liga Eropa serta teranyar Piala Dunia Antarklub.

(Sum/kn)

COMMENTS

BEST MONTH