Sinergi Indonesian Waste Platform - MBRC The Ocean bersih sampah Pulau Messah

Tidak ada yang meragukan keindahan alam Pulau Messah Manggarai Barat Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, bertambahnya jumlah penduduk membawa

Marta Muslin bersama teman-temannya membersihkan sampah Pulau Messah, Manggarai Barat Flores NTT. (Marta Muslin)

LABUAN BAJO, SUARAUMAT.com - Tidak ada yang meragukan keindahan alam Pulau Messah Manggarai Barat Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, bertambahnya jumlah penduduk membawa permasalahan tersendiri, salah satunya adalah sampah.

Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan masih menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah. Solusi untuk mengatasi permasalahan terkait sampah masih terus diupayakan.

Sampah-sampah yang menodai keindahan pantai di Pulau Messah ini menunjukkan bahwa warga masih belum sadar menjaga kebersihan pantai yang sudah puluhan tahun menghidupi mereka. Sudah saatnya sampah-sampah di Pulau Messah dibersihkan secara gotong royong. 

Adalah sosok yang menjadi pusat pergerakan menyingkirkan sampah di Pulau Messah itu bernama Marta Muslin. Bersama timnya ia terus bergerak memberi warna baru bagi kehidupan dan keindahan pulau yang tidak begitu jauh dari Kota Labuan Bajo tersebut.

Seperti yang tertulis di akun sosial media pribadinya. Alumni Magister Manajemen Sustainability Universitas Tri Sakti Jakarta ini mengabadikan kegiatan memungut sampah di Pulau Messah. 

Pagi ini bersama masyarakat Pulau Messah dan anak2 mahasiswa yg lagi pengabdian di masyarakat. 

Menyenangkan melihat Messah berangsur2 bersih, orang2 berinisiatif meminta karung yg baru dan menukarnya dengan yg sampahnya sudah penuh. 

Kegiatan ini adalah kegiatan mingguan tetap. Bukan event apalagi hanya cari muka pas ada kunjungan

Baca juga: Dedikasi tanpa batas Marta Muslin perangi sampah perairan Labuan Bajo

Pulau Messah tidak jauh dari Taman Nasional Komodo, NTT. Pulau ini tak kalah indah dengan pulau lain di sekitarnya karena panorama alamnya yang memanjakan mata.

Misalnya panorama Pulau Messah di pagi hari membuka mata pengunjung bisa melihat deretan rumah panggung suku Bajo yang menghiasi pantai. Rumah panggung suku Bajo di pulau ini untuk melindungi diri dari gelombang pasang.

Pulau Messah juga memiliki daya tarik wisata yang beragam, mulai dari keunikan kehidupan masyarakatnya hingga aktivitas warganya yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Pemandangan yang tak kalah menakjubkan dapat dilihat wisatawan dari bukit di Pulau Messah. Dari atas bukit, wisatawan bisa menikmati pemandangan di sekitar pulau. Pulau Messah menyimpan keindahan alam laut dan perbukitan.

Jaga kebersihan Pulau Messah demi masa depan anak cucu kita. Pulau Messah bebas sampah tanggung jawab kita bersama, hidup sehat pariwisata berjaya rakyat sejahtera. 



(Su/Kn)

COMMENTS

BEST MONTH