Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo naik dua kali lipat

Prabowo meningkat dua kali lipat, disusul Ganjar Pranowo yang jauh meninggalkan Anies Baswedan.

Dari kiri: Prabowo - Ganjar - Anies. (Kolase foto: Dok. detikcom)
JAKARTA, SUARAUMAT.com - Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden 2024. Alhasil, elektabilitas Prabowo meningkat dua kali lipat, disusul Ganjar Pranowo yang jauh meninggalkan Anies Baswedan.

Survei Litbang Kompas dilaksanakan pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan  metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Dengan menggunakan metode ini, tingkat kepercayaan survei ini adalah 95% dengan margin of error plus minus 2,8%.

Hasil survei ini juga mencatat penurunan signifikan jumlah responden yang menjawab 'tidak ada/tidak tahu/rahasia'. Di April 2021, masih ada 45,4% responden yang belum menentukan pilihan, namun kini tersisa 11,8%.

Meningkatnya jumlah responden yang belum menentukan pilihan membuat elektabilitas sejumlah tokoh meningkat signifikan. Peningkatan elektabilitas Prabowo bahkan berlipat ganda. Dalam survei Oktober 2021, elektabilitas Prabowo adalah 13,9%.

Ganjar juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Oktober 2021, elektabilitasnya 13,9%.

Anies Baswedan juga mengalami peningkatan elektabilitas, meski tidak sekencang Prabowo dan Ganjar. Pada Oktober 2021, elektabilitas Anies tercatat 9,6%.

Litbang Kompas mencatat kenaikan elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies berdampak pada turunnya elektabilitas sejumlah tokoh di papan tengah. Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Tri Rismaharini yang berada di kisaran 4-5% kini turun menjadi 2-3%.

Di posisi bawah, tertera nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Elektabilitas atau tingkat keterpilihan Jenderal Andika bahkan mengungguli Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua DPR Puan Maharani.

(Red/Su/kn) 

COMMENTS

BEST MONTH