Tips menggunakan parfum agar wanginya tahan lama

Apakah Anda suka memakai parfum sebelum beraktivitas? Ya, parfum adalah salah satu hal penting agar penampilan Anda lebih cetar. Namun pernahkah Anda

Belanja parfum murah di Ma Cherie Parfum store. (Foto: Ma Cherie Parfum Store)

SUARAUMAT.com - Apakah Anda suka memakai parfum sebelum beraktivitas? Ya, parfum adalah salah satu hal penting agar penampilan Anda lebih cetar. Namun pernahkah Anda merasa bahwa parfum terlalu cepat habis? Atau mungkin baunya cepat hilang?

Nah, mungkin ada yang salah dengan penggunaan parfum Anda. Maka Suaraumat.com akan berbagi tips memakai parfum agar aromanya lebih awet dan tahan lama! Ada tips menarik? Daripada penasaran, simak dulu daftarnya di bawah ini.

1. Pilih jenis parfum yang tepat

Sebelum menggunakan parfum, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis parfum terlebih dahulu. Secara umum, ada lima jenis parfum yang bisa Anda pilih, yaitu Extrait de Perfume, Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne, dan Splash Cologne. Jadi, jenis parfum mana yang paling tahan lama? Jawabannya Extrait de Perfume karena wanginya tahan 1 sampai 3 hari, tergantung mereknya.

Biasanya Extrait de Perfume dibanderol paling mahal dibandingkan jenis lainnya, karena memiliki tingkat konsentrasi sekitar 20-30% dan terbuat dari ekstrak murni.

Namun pada sebagian orang, parfum jenis ini menyebabkan iritasi kulit dan terganggu dengan aroma parfum tersebut. Selain itu, aroma parfum ini juga mudah berpindah saat bersentuhan dengan orang lain.

Selanjutnya ada Eau de Parfum yang memiliki konsentrasi lebih rendah sekitar 15-20%. Aromanya juga lebih ringan dari Extrait de Perfume, tetapi tidak mudah berpindah ke orang lain. Kerennya, parfum ini juga tahan hingga seharian penuh jika digunakan dengan baik dan benar.

Baca juga: 7 Tips anti gagal memilih parfum terbaik

Selain itu, ada juga Eau de Toilette dengan konsentrasi 5-15%, Eau de Cologne dengan konsentrasi 2-4%, dan Eau Fraiche dengan konsentrasi hanya 1-3%.

Jadi, kamu pilih yang mana? Sebaiknya gunakan yang kedua, Eau de Parfum atau Eau de Toilette. Karena selain lebih murah dari Extrait de Perfume, wanginya juga tidak mudah menempel di tubuh orang lain. Anda dapat berbelanja Eau de Parfum atau Eau de Toilette di toko parfum Anda berlangganan.

2. Gunakan setelah mandi

Meskipun banyak orang menggunakan parfum di tengah aktivitasnya untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, tahukah Anda bahwa waktu terbaik untuk menggunakan parfum adalah setelah mandi? Pasti ada pertanyaan, 'Sehabis mandi pakai sabun pewangi saja, kenapa ditambah pewangi?

Menggunakan parfum setelah mandi adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga aroma parfum Anda tetap harum sepanjang hari. Karena pada saat itu, kulit masih dalam keadaan lembab sehingga bisa menyerap parfum lebih maksimal. Jangan lupa untuk mencocokkan aroma antara sabun mandi dan parfum, agar aromanya bertahan lebih lama. Semoga beruntung!

3. Gunakan pelembap

Bukan rahasia lagi bahwa parfum akan bertahan lebih lama jika Anda menyemprotkannya pada area yang lembap. Jadi alternatifnya, oleskan pelembap ke area tubuh yang ingin diberi wewangian. Anda dapat menggunakan pelembap jenis petroleum jelly yang dijual bebas di toko kecantikan, apotek, dan toko serba ada.

Jangan lupa, kamu harus mengaplikasikannya di area penting seperti leher, tangan, hingga lipatan kaki. Tapi kamu juga harus tahu area mana yang membuat parfum awet dan tahan lama! Nah, kita akan mengulasnya pada daftar selanjutnya, yuk!

4. Semprotkan ke area tertentu

Seperti yang kami katakan di poin sebelumnya, jika ada beberapa area di tubuh yang bisa membuat bau parfum tidak hilang – hilang. Bagian tubuh apa itu? Jawabannya adalah bagian dalam tubuh pada siku, tengkuk, pergelangan tangan, dan punggung lutut. Anda juga bisa menyemprotkan pada area leher.

Kenapa harus daerah tertentu saja? Karena selain hemat parfum, area di atas merupakan titik nadi yang cenderung lebih panas dibanding area lainnya. Jadi lebih lembab dan berminyak, sehingga membuat wangi parfum lebih harum sepanjang hari.

5. Jangan semprotkan pada pakaian

Apakah Anda tipe orang yang suka menyemprotkan parfum ke pakaian? Jika iya, maka Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut. Karena kebiasaan ini bisa membuat pakaian lebih cepat luntur dan kusam. Selain itu, pakaian tidak menyerap wewangian sebaik kulit tubuh, sehingga Anda akan rugi banyak jika menyemprotkan parfum pada pakaian.

Selain itu, saat menyemprotkan parfum ke tubuh, jangan terlalu dekat dengan jarak agar aromanya lebih merata dan aromanya tidak terlalu kuat. Jadi, sebaiknya Anda segera memakai parfum sebelum mengenakan pakaian. Atau jika sudah terlanjur menggunakannya, jangan sampai area nadi yang tadi kita sebutkan tertutup baju.

6. Jangan digosok

Tips yang terakhir ini tidak terlalu sulit, biasakan saja untuk tidak mengoleskan parfum yang sudah menempel di tubuh Anda. Karena kebiasaan ini bisa membuat bau parfum lebih cepat pudar. Hal ini terjadi karena gosokan dapat membuat panas berlebih sehingga parfum lebih cepat menguap. Jadi jika Anda terbiasa menggosok area yang terkena parfum, jangan lakukan lagi.

7. Simpan dengan benar

Seperti yang kita ketahui bahwa parfum mudah menguap bila terkena udara panas. Jadi jangan simpan parfum di ruangan bersuhu tinggi. Minimal, simpan pada suhu sedang sekitar 27 derajat celsius. Selain itu, jangan sampai parfum favorit Anda terkena sinar matahari langsung, karena dapat menguap dan memengaruhi kandungan parfum.

Nah, itulah 7 tips ampuh agar aroma parfum lebih awet dan tahan lama. Dari tips-tips di atas, sudahkah Anda melakukan sesuatu? Jika parfummu sudah habis, atau ingin menambah koleksimu, segera kunjungi Ma Cherie Parfum Store selagi ada diskon spesial dari Ma Cherie! 

Dapatkan diskon hingga Rp 60.000 dengan minimal pembelian 3 botol tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi tunggu apa lagi? Belanja saja di toko parfum Ma Cheri mumpung ada diskon spesial dari Ma Cherie!

(Sum/kn)

COMMENTS

BEST MONTH