Brimob Polda Jabar punya Pasukan Respons Cepat, dikukuhkan Kapolda Jabar

Pembentukan Pasukan Respons Cepat tersebut untuk mengatasi segala gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta konflik kontinjensi yang akan

Brimob Polda Jabar punya Pasukan Respons Cepat, dikukuhkan Kapolda Jabar, siap memberi yang terbaik bagi masyarakat Jawa Barat. /Tangkapan layar Youtube Polda Jabar
Brimob Polda Jabar punya Pasukan Respons Cepat, dikukuhkan Kapolda Jabar, siap memberi yang terbaik bagi masyarakat Jawa Barat. /Tangkapan layar Youtube Polda Jabar

BANDUNG, SUARAUMAT.com - Sebagai bagian dari upaya Polri untuk mendukung kinerja sekaligus meningkatkan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, Kapolda Jawa Barat (Jabar) kukuhkan Pasukan Respons Cepat Satuan Brimob Polda Jawa Barat.

Pembentukan Pasukan Respons Cepat tersebut untuk mengatasi segala gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta konflik kontinjensi yang akan mengganggu stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Suntana M.Si selaku Komandan Upacara didampingi Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan, dalam menghadapi kontinjensi sosial, Polri membutuhkan kekuatan yang setiap saat diperlukan keterampilan dan kemampuan yang memadai.

Kapolda Jabar mengatakan, angka dinamika kriminalitas akan terus bertambah menjelang tahun 2023 dan 2024 dan masih banyak masalah lain yang membutuhkan kehadiran anggota Satuan Brimob Polda Jabar.

"Saya mengucapkan terima kasih dan kebanggaan kepada Dansat Brimob Polda Jabar dan jajarannya yang telah mempersiapkan kemampuan seluruh personel," ujar Irjen. Pol. Suntana usai memimpin upacara gelar pasukan di lapangan Mako Brimob Polda Jabar, Jalan Cikeruh Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (30/03/2022).

Kapolda Jabar menyatakan, Satuan Brimob Polda Jabar selalu siaga di mana pun dibutuhkan untuk menangani pengamanan dan bantuan kemanusiaan serta kontinjensi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lebih lanjut Irjen. Pol. Suntana mengatakan para personel akan ditempatkan di setiap batalyon di setiap wilayah yang ada.

"Satu datasemen dibagi beberapa unit dan akan tersebar di setiap wilayah, sehingga bila di satu wilayah terjadi kontijensi sosial atau bencana alam, maka Sat Brimob Polda Jabar akan hadir ditengah masyarakat," tandasnya.

"Kita sudah membangun Batalyon D Brimob di Cineam Kabupaten Tasikmalaya dan satu Batalyon terdiri dari 4 kompi tetapi untuk memudahkan reaksi, dari empat kompi dipecah satu kompi berada di Kabupaten  Pangandaran," jelas Suntana.

Menurutnya hal tersebut untuk memudahkan respons cepat dari segi waktu dan respons cepat dalam penanganan sehingga seluruh wilayah bila terjadi konflik sosial atau bencana alam, maka anggota langsung cepat menanganinya.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan, "Pembentukan Pasukan Respons Cepat (PRC) dan juga penambahan Batalyon D merupakan persiapan kami dari Sat Brimob Polda Jabar dalam mendukung tugas kedepannya. Dalam menghadapi kontijensi sosial, kami menyiapkan pasukan yang mempunyai keterampilan dan kemampuan yang memadai," pungkasnya. 

Pewarta: Kun/Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH