Catat: Mulai 1 April kecepatan kendaraan 120 KM per jam di tol bisa kena tilang

Bagi para pengendara yang memacu kendaraannya dengan kecepatan 120 KM per jam di jalan tol akan kena tilang mulai 1 April 2022 mendatang

Catat: Mulai 1 April kecepatan kendaraan 120 KM per jam di tol bisa kena tilang
Ilustrasi jalan tol. /Pixabay

SUARAUMAT.com - Bagi para pengendara yang memacu kendaraannya dengan kecepatan 120 KM per jam di jalan tol akan kena tilang mulai 1 April 2022 mendatang.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan akan memasang alat speed camera di sejumlah ruas titik di jalan tol untuk memantau lajunya kecepatan kendaraan.

“Jadi bila mobil sudah berjalan di atas 120 kilometer per jam, pasti akan ter-capture dan setelah diverifikasi akan ada surat cinta untuk pelanggar membayar denda,” kata Aan seperti dikutip dari laman Korlantas Polri.

Peraturan ini tertuang pada peraturan pemerintah no 79 tahun 2013 tentang jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4.

Hal tersebut juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4.

Salah satunya disebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol yaitu 60 hingga 100 kilometer per jam, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang.

Pewarta: Kun II Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH