Gawat WhatsApp disadap, kenali ciri-cirinya

Ketika Anda melihat status WhatsApp Anda di HP teman Anda, statusnya online; padahal Anda tidak menggunakan WhatsApp Anda, atau WhatsApp Anda tidak

WhatsApp bisa dibajak dan kenali ini ciri-cirinya. (Foto: Dok. Ist.)

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Pernahkah Anda merasa aneh pada WhatsApp di ponsel Anda? Ketika Anda merasa tidak lagi memegang kendali penuh atas aplikasi ini, atau ada kejanggalan yang Anda rasakan, coba perhatikan apakah seperti ciri-ciri berikut ini:

1. Baterai ponsel Anda cepat habis, dan ponsel Anda lebih cepat panas?

Meskipun banyak hal yang dapat menyebabkan baterai ponsel cepat habis dan ponsel menjadi lebih cepat panas, misalnya banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan, jika hal ini terjadi coba kosongkan atau membersihkan memori aplikasi yang terbuka saat tidak digunakan.

Jika baterai ponsel masih cepat habis dan masih cepat panas, coba perhatikan aplikasi WhatsApp Anda.

2. Pesan masuk status terbaca?

Apakah ada pesan masuk yang Anda ingat, Anda belum membacanya tetapi di aplikasi WhatsApp Anda, status atau ikonnya menunjukkan sudah dibaca atau read? Jika iya, hampir bisa dipastikan seseorang membuka Whatsapp Anda dari jarak jauh atau dengan kata lain WhatsApp Anda telah dibajak!

3. Logout tiba-tiba

Kecuali WhatsApp digunakan di HP bersamaan dengan yang digunakan di WhatsApp Web. Satu akun WhatsApp tidak dapat digunakan di dua ponsel. Jadi jika seseorang menggunakan akun WhatsApp Anda dengan menggunakan ponsel, sebaliknya akun WhatsApp yang sedang Anda gunakan di ponsel Anda akan logout. Jadi jika akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout tanpa Anda inginkan, bisa dipastikan akun Whatsapp Anda sedang dibajak.

4. Status WhatsApp Anda sedang online, saat Anda tidak menggunakannya

Ketika Anda melihat status WhatsApp Anda di HP teman Anda, statusnya online; padahal Anda tidak menggunakan WhatsApp Anda, atau WhatsApp Anda tidak sedang aktif, padahal Anda sudah matikan HP Anda, statusnya tetap online! Jika sudah begini, bisa dipastikan akun WhatsApp Anda telah dibajak oleh orang lain!

5. Menerima One Time Password (OTP) secara tiba-tiba

Seseorang yang membajak WhatsApp Anda mungkin mencoba untuk mendaftarkan atau mereset kata sandi keanggotaan Anda di aplikasi e-Commerce Anda, atau email Anda, atau akun Anda di situs web lain, di mana biasanya situs web tersebut akan mengirimkan OTP ke SMS atau WhatsApp.

6. Ada pesan ke teman Anda yang Anda merasa tidak mengirimnya

Ketika seseorang membajak WhatsApp Anda, kemungkinan dia akan mencoba berpura-pura menjadi Anda dan mungkin mencoba untuk mendapatkan uang dari teman Anda dengan berpura-pura meminjam, dan orang ini mengirim pesan WhatsApp yang bukan Anda.

Jadi bagaimana Anda bisa mencegah agar WhatsApp Anda tidak dibajak?

1. Pastikan Anda sudah logout dari WhatsApp web

Terkadang kita menggunakan WhatsApp web untuk mempermudah kita mendownload dokumen yang dikirimkan oleh rekan kita menggunakan WhatsApp langsung ke komputer atau laptop. Nah saat sudah tidak digunakan lagi dan komputer atau laptop Anda digunakan oleh orang lain pastikan Anda sudah memilih logout dari WhatsApp web agar WhatsApp Anda tidak digunakan oleh orang lain.

2. Gunakan atau aktifkan verifikasi 2 faktor

Dengan cara ini, pengguna harus selalu memverifikasi setiap kali masuk ke akun WhatsApp mereka di perangkat baru. Verifikasi dilakukan dengan menggunakan kode numerik rahasia.

Berikut caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Buka Pengaturan.
  • Pilih opsi Akun.
  • Pilih opsi Verifikasi Dua Langkah dan ketuk Aktifkan.
  • Masukkan enam kode rahasia pilihan Anda.
  • Masukkan email untuk memulihkan kata sandi.

3. Aktifkan pemindai sidik jari

Anda juga dapat mengaktifkan fitur pemindai sidik jari.

Berikut caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp;
  • Buka Pengaturan;
  • Pilih opsi Privasi;
  • Aktifkan fitur kunci sidik jari;
  • Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari.

Itulah cara-cara untuk mengenali ciri-ciri jika WhatsApp Anda telah dibajak oleh orang lain, dan cara mencegahnya.

(Red/kn)

COMMENTS

BEST MONTH