Jelang puasa, Puan Maharani meminta pemerintah membenahi kelangkaan komoditas

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera menyelesaikan masalah kelangkaan dan mahalnya komoditas rumah tangga menjelang bulan Ramadhan 2022

Kredit Foto: Twitter @Puan Maharani

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah segera menyelesaikan masalah kelangkaan dan mahalnya komoditas rumah tangga menjelang bulan Ramadhan 2022 yang jatuh pada 2 April.

“Menjelang Ramadhan ini, saya jalan-jalan ke daerah Jawa Timur seperti Surabaya, Lamongan, dan Gresik. Untuk produksi tempe dan tahu, menurut pedagang dan pembeli, harganya tidak naik meski harga kedelai mahal. Ini karena ukurannya diperkecil," kata Puan di sela-sela kunjungan ke kampung Tempe di Sukomanunggal Gang I, Desa Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Rabu (2/3/2022).

Puan mengaku saat mengunjungi pabrik minyak goreng (migor) di Gresik, perusahaan tidak mengurangi produksinya. Karena itu, ia meminta untuk menyelidiki penyebab hilangnya minyak goreng di pasaran.

Baca juga: Survei Capres Puan terendah, begini tanggapan senior PDIP

“Sekarang pertanyaannya, kalau produksi pabrik minyak goreng biasa saja, kok minyak gorengnya langka di pasaran. Makanya saya minta pemerintah mengantisipasi hal ini, tapi tidak secara ad hoc. Artinya, minyak goreng di lapangan terjadi kelangkaan distribusi dan distributor. Ini kenapa?" tanya Puan.

Sementara itu, saat mengunjungi kampung Tempe di Sukomanunggal, Puan juga mengunjungi sejumlah perajin. Termasuk berdiskusi dengan Ketua Paguyuban Perajin Tempe Sukomanunggal, Markuat.

Kunjungan Puan didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono dan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Whisnu Sakti Buana menanyakan kendala apa yang menjadi masalah perajin tempe.

“Soal harga kedelai bisa disiasati dengan memperkecilkan ukuran tempe. Bantuan yang mereka butuhkan adalah tempat merebus kedelai yang masih berbahan drum. Jadi nanti melalui Wali Kota (Eri Cahyadi) kami akan bantu apa yang dibutuhkan. Yakni menggunakan wadah yang terbuat dari bahan stainless,” pungkasnya.

(Red/Sum/kp)

COMMENTS

BEST MONTH