Jokowi akan kemah di titik nol IKN, semua Gubernur siapkan ini

Presiden Joko Widodo rencananya akan berkemah di titik nol IKN pekan depan

Presiden Joko Widodo rencananya akan berkemah di titik nol IKN pekan depan. (Foto: Mihardo Saputro)

SEPAKU, SUARAUMAT.com - Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan berkemah di titik nol Ibu Kota Nusantara (IKN) 13 - 14 Maret 2022.

Para gubernur seluruh Indonesia dari 34 provinsi juga diundang untuk berkumpul di IKN, Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kedatangan semua gubernur itu tidak  dengan tangan kosong, tapi mereka dianjurkan untuk membawa serta satu liter air dan dua kilogram tanah dari wilayah provinsi masing-masing.

Adapun air dan tanah tersebut akan dimasukan dalam kendi yang bernama Kendi Nusantara. 

Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim, HM Syafranuddin ketika dihubungi media Jumat (11/3/2022) mengungkapkan, kendi tersebut dibuat dari tembaga, dan berukuran besar.

Selanjutnya menurut lelaki yang biasa disapa Ivan itu menuturkan, nanti tanah dan air yang dibawa gubernur-gubernur itu akan dimasukan ke dalam kendi sebagai titik awal pembangunan IKN.

Kendi itu kata Ivan letaknya di titik nol IKN. Khusu untuk Kaltim, air dan tanah akan diambil  dari lokasi dua Kesultanan yakni Kesultanan Kutai di lama Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. 

Ivan menjelaskan, IKN sebagian wilayahnya adalah wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. 

Ivan yang merangkap juru bicara Gubernur Kaltim menambahkan, "Jadi ini merupakan simbol yang mewakili Kesultanan yang ada di Kalimantan Timur." 

(Kun)

COMMENTS

BEST MONTH