Liga Champions: Chelsea atasi Lille 2-1 Mantap Menatap Perempat Final

Di tengah masalah sanksi, Chelsea tetap menunjukkan dirinya tim besar dan kali ini Lille jadi korbannya, menang 2-1 dan lolos perempat final

Kapten Chelsea Cesar Azpilicueta (28) seusai laga Lille vs Chelsea. (Foto: REUTERS/Pascal Rossignol)

SUARAUMAT.com - The Blues Chelsea mampu tampil tenang di kandang Lille walaupun sederet sanksi dampak perang Rusia-Ukraina, dan memetik kemenangan penting 1-2 untuk menapaki perempat final Liga Champions Eropa musim 2021/2022, Kamis (16/3/2022) dini hari WIB. 

Pertandingan leg kedua ini berlangsung di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Prancis. Leg pertama Chelsea menang 2-0 dan keadaan ini membuat tim besutan Jocelyn Gourvennec harus menang dengan selisih minimal 3 gol tanpa balas agar bisa lolos ke perempat final.

Tuan rumah sempat unggul 1-0 lewat titik putih yang diambil oleh Burak Yilmaz buntut pelanggaran hand ball Jorginho di kotak terlarang. Namun penalti Lille tersebut diperoleh setelah wasit mengecek Video Assistant Referee atau VAR pascaprotes pemain tuan rumah. 

Baca juga: Di Liga Champions ukir rekor, Tuchel kalahkan Guardiola-Zidane

Pada akhirnya malah tim tamu yang menambah gol lewat Christian Pulisic dan sang kapten Cesar Azpilicueta.

Kemenangan yang menggambarkan situasi di Chelsea baik-baik saja walaupun kenyataannya tidak demikian. 

Chelsea melaju ke perempatfinal Liga Champions, dengan agregat akhir 4-1. Chelsea menjadi tim Inggris ketiga yang lolos, setelah Manchester City dan Liverpool.

Jalannya pertandingan

Lille harus mengejar defisit 3 gol dari Chelsea karena di leg pertama tumbang 2-0. Awalnya, muncul harapan untuk tuan rumah.

Setelah pertandingan berjalan alot, Lille bisa memimpin pada menit ke-36. Tuan rumah mendapat hadiah penalti, setelah Jorginho melakukan handball. Burak Yilmaz mampu mengeksekusi penalti dengan baik, dan membawa skor menjadi 1-0.

Chelsea mencoba membalas di sisa waktu babak pertama. Pada menit ke-44, Marcos Alonso mendapat peluang, namun tendangannya dari sepak pojok masih bisa diblok.

Di injury time babak pertama, Chelsea akhirnya bisa menyamakan skor. Christian Pulisic membobol gawang Lille, memanfaatkan umpan Jorginho. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, terjadi jual beli serangan, meski tak banyak peluang yang tercipta. Permainannya cenderung keras.

Pada menit ke-51, Lille memiliki dua peluang melalui Yilmaz dan Jonathan David. Peluang keduanya masih melenceng tipis dari gawang Chelsea.

Sementara Chelsea mencoba mengancam lewat peluang Antonio Rudiger, namun juga tak membuahkan hasil.

Pada menit ke-63, Lille nyaris memimpin lewat aksi Xeka. Sundulannya, memanfaatkan umpan Yilmaz, masih membuat bola membentur tiang gawang Chelsea.

Bahkan Chelsea akhirnya mampu membuat gol kedua. Cesar Azpilicueta menusuk kotak penalti, dan menyambar bola yang dikirim Pulisic dari sisi kiri. Gol, Chelsea unggul 2-1. Agegat kini 4-1 untuk si Biru.

Dalam posisi tertinggal membuat Lille sulit mengembangkan permainan. Sementara Chelsea masih perlahan berusaha menekan tuan rumah. 

Pada menit ke-79, Kai Havertz mendapat peluang, namun usahanya masih bisa diamankan oleh kiper Lille Leonardo Jardim.

Lille nyaris tak punya peluang berarti di sisa waktu pertandingan. Hanya ada upaya Xeka di menit ke-89, melalui sundulan yang masih melenceng, yang sedikit membahayakan gawang Chelsea. 

Tidak ada balasan sampai akhir, Chelsea menang 2-1 dan lolos ke perempat final.

Susunan pemain

Lille 4-4-2: Jardim, Zeki, Fonte, Botman, Djalo, Bamba, Andre, Xeka, Gudmundsson, Yilmaz, David.

Chelsea 3-5-2: Mendy, Rudiger, Silva, Christensen, Alonso, Kovacic, Jorginho, Kante, Azpilicueta, Pulisic, Havertz.

Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH