MTQ XXIX Jembrana: Membangun Umat yang Qur'ani Menuju Masyarakat Jembrana yang Damai Sejahtera, Harmoni dan Toleran"

MTQ kali ini mengambil tema "Membangun Umat yang Qur'ani Menuju Masyarakat Jembrana yang Damai, Sejahtera, Harmoni dan Toleran"

Kapolres Jembrana Bali menghadiri MTQ XXIX sekabupaten Jembrana, Bali /Foto: Istimewa

JEMBRANA, SUARAUMAT.com - Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., menghadiri upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun 2022 di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai III MAN 1 Jembrana, Jalan Ngurah Rai No. 103 Jembrana-Bali, Sabtu (26/3).

MTQ kali ini mengambil tema "Membangun Umat yang Qur'ani Menuju Masyarakat Jembrana yang Damai, Sejahtera, Harmoni dan Toleran" dihadiri para pejabat Kabupaten Jembrana.

Seperti; Kaban Kesbangpol mewakili Bupati Jembrana; Dandim 1617/Jembrana diwakili Dan Unit Inteldim; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana; Kabid Binmas Islam Prov. Bali atau perwakilan; Ketua LPTQ Prov. Bali; Kepala MAN 1 Negara; Ketua MUI Kabupaten Jembrana; Kepala Kantor KUA se-Kab. Jembrana; Kepala Madrasah se-Kab. Jembrana; Ketua Ormas Islam se-Kab. Jembrana; Ketua LPTQ Kab. Jembrana; Ketua LPTQ masing-masing Kecamatan se-Kab. Jembrana; dan Panitia MTQ.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia. MTQ ke-29 Kabupaten Jembrana kali ini diikuti oleh 108 peserta terdiri dari 102 orang pemenang lomba pada MTQ di masing-masing kecamatan dan 6 orang utusan LPTQ Kabupaten, terdiri dari 48 putra dan 60 putri yang berlomba di 26 golongan dari 6 cabang yang dilombakan. Bagi juara pertama berhak untuk mengikuti kejuaraan MTQ di tingkat Provinsi Bali.

Kegiatan MTQ ke-29 Kabupaten Jembrana tahun 2022 dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana selama dua hari yaitu tanggal 26 sampai 27 Maret.

Tanggal 26 Maret khusus diadakan acara pembukaan dan pelantikan dewan hakim dan tanggal 27 Maret 2022 mulai pukul 08.00 WITA akan dilangsungkan seluruh rangkaian lomba di 6 lokasi atau cabang yang berada di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana. Ketua panitia MTQ mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana I Gede Sumarawan, S.E., M.Pd.H., mengatakan, bahwa kegiatan MTQ tidak asing lagi bagi masyarakat dan umat Islam khususnya di Kabupaten Jembrana karena MTQ merupakan agenda rutin 2 tahunan yang dilaksanakan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Nasional dan Internasional.

Pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai pendukung syiar saja tetapi lebih jauh menjadi barometer untuk mengukur hasil atau capaian dari kegiatan pembelajaran Al-Quran yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di Kabupaten Jembrana.

Gede Sumarawan juga mengatakan, selain menjadi media dakwah keagamaan yang efektif juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Kab. Jembrana.

"Sesuai dengan tema MTQ yang disampaikan yaitu membangun umat yang Qur'ani sebagai landasan masyarakat yang damai, sejahtera, harmoni dan toleran tentunya hal tersebut dapat diwujudkan melalui MTQ ini hubungan silaturahmi sesama umat beragama dan antarumat beragama harus dan tetap dipertahankan seperti yang sudah terbina selama ini, menghargai menghormati dan menciptakan rasa aman rasa nyaman dan damai setiap masyarakat yang ada di Kabupaten Jembrana," kata I Gede Sumarawan.

Sambutan Bupati Jembrana yang diwakili Kaban Kesbangpol I Ketut Eko Susila Artha Permana, S.E., M.Si., menyampaikan, bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk menumbuhkan dan membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa bagi kaum Muslimin.

Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. Al-Quran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan dalam menjalankan Al-Quran.

Kaban Kesbangpol I Ketut Eko juga mengatakan dalam MTQ ini akan tampil qori qoriah dan Hafiz Hafizah terbaik dari seluruh Kabupaten Jembrana, generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul kompetitif dan berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

"Kegiatan MTQ ini merupakan bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum Muslimin dan Muslimah. Dengan pemahaman keislaman yang semakin baik bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang Muslim dan Muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah, persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad SAW," ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda kepada perwakilan peserta MTQ, kemudian digelar pementasan lagu oleh siswa MAN 1 Jembrana. 

Selama kegiatan telah dilaksanakan Pamka dan Pamtup oleh personel Polsek Kota Jembrana dan Polres Jembrana, serta kegiatan sudah dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar.

Pewarta: Kun II Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH