Pemecatan Dokter Terawan, ini respons Kemenkes, Penting!

Dokter Terawan mantan menteri kesehatan dipecat permanen oleh Ikatan Dokter Indonesia atau IDI karena dinilai melanggar kode etik kedokteran, kemenkes

Pemecatan Dokter Terawan oleh Ikatan Dokter Indonesia menuai pro kontra sampai saat ini. Teranyar kabarnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga angkat bicara. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan mediasi untuk Terawan Agus Putranto dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Menkes Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Mantan Menkes Dokter Terawan. /Kolase Foto: Suaraumat.com/Kun

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Pemecatan Dokter Terawan oleh Ikatan Dokter Indonesia menuai pro kontra sampai saat ini. Teranyar kabarnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga angkat bicara. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan mediasi untuk Terawan Agus Putranto dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Kemenkes akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya agar komunikasinya baik," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (28/3).

Lihat juga: Jagat maya menggema tagar bubarkan IDI

Diberitakan, dengan begitu, diharapkan situasi kembali kondusif dan kesehatan masyarakat Indonesia kembali diprioritaskan. Meski begitu, Menkes Budi belum bisa memastikan waktu mediasi.

Menteri Kesehatan Budi menilai dokter dan tenaga kesehatan saat ini memiliki peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama pascapandemi ini," tambah mantan wakil menteri BUMN itu. Untuk itu, lanjutnya, Terawan dan IDI perlu kembali fokus pada langkah-langkah penanganan pandemi.

Lihat juga: Ramai-ramai bela Dokter Terawan

Sebelumnya, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI memberhentikan secara permanen mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebagai anggota. Keputusan itu disampaikan pada Muktamar IDI ke-31 di Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (25/3/2022). (sum/kn)

COMMENTS

BEST MONTH