Presiden Jokowi lantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Gubernur Sulawesi Selatan

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/03/2022) sore melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN. (Tangakapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/03/2022) sore melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam prosesi yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Presiden melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan untuk sisa masa jabatan 2018-2023. Sementara itu, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Pengambilan sampah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Pengukuhan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25/P Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan 2018-2023 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan 2018-2023 yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada 4 Maret 2022.

Kemudian pelantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2022.

Prosesi pelantikan

Pengambilan sumpah jabatan Kepala dan Wakil IKN. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Sebelum dilantik, Andi Sudirman Sulaiman terlebih dahulu menerima petikan Keppres tersebut di Istana Merdeka. Kemudian bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Andi melakukan prosesi karnaval menuju Istana Negara.

Usai pembacaan Keppres oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti, acara pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Hari ini Presiden Jokowi lantik Kepala Otorita IKN

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Andi Sudirman Sulaiman di hadapan Presiden.

Andi yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Sulsel menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya, yaitu Nurdin Abdullah yang terkena kasus korupsi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe di hadapan Presiden.

Ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Pelantikan kemudian diakhiri dengan ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Wakil Presiden dalam pelantikan tersebut adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

(kp)

COMMENTS

BEST MONTH