Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara dari Kawasan Ibu Kota Nusantara Kaltim

prosesi penyatuan tanah dan air nusantara dari kawasan titik nol ibu kota nusantara penajam paser utara kalimantan timur

Presiden Joko Widodo tiba di titik nol IKN /Tangkapan layar Youtube Setpres

IKN, KALTIM, SUARAUMAT.com - Satu sejarah penting bagi bangsa Indonesia hari ini Senin 14 Maret 2022 yaitu Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara dari kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) yang dimulai di titik nol IKN. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama beberapa kepala lembaga tinggi negara menghadiri prosesi tersebut. Seperti Ketua MPR, Ketua DPR, juga gubernur atau wakil gubernur dari 34 provinsi seluruh Indonesia untuk melaksanakan prosesi secara bersama-sama.

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI menyambut Presiden Jokowi saat Tiba di Titik Nol IKN /Tangkapan layar Youtube Setpres
Tampak sudah hadir para gubernur dan wakil gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia yang akan mengikuti prosesi. Juga satria nusantara yang melambangkan prajurit nusantara dan mengenakan pakaian adat nasional. Hari ini terdiri dari 34 orang yang bertugas memberikan kendi berisi tanah dan air kepada gubernur yang sudah hadir. 
Presiden Jokowi bersama rombongan menuju Titik Nol IKN /Tangkapan layar Youtube Setpres

Acara prosesi ini disiarkan secara langsung oleh Youtube Sekretariat Presiden (Setpres) dari titik nol IKN Kalimantan Timur. Para gubernur yang sudah hadir di titik nol IKN menyambut kedatangan Presiden Jokowi bersama rombongan.

Presiden Jokowi disambut secara adat oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI saat tiba di Titik Nol IKN. Selain itu Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan tarian selamat datang, Tari Ganjur yang dibawakan oleh penari keraton Kesultanan Kutai Kartanegara.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di Titik Nol IKN /Tangkapan layar Youtube Setpres

Selanjutnya acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Prosesi penyatuan tanah dan air nusantara yang telah dibawa para gubernur seluruh Indonesia yang diserahkan kepada Presiden Republik Indonesia dan akan dituangkan langsung ke dalam Bejana Nusantara.

Sebagai pendamping Jokowi adalah Gubernur Kaltim Isran Noor, dan mengawali prosesi adalah Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta. Berikutnya Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Perwakilan Provinsi Papua, Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Presiden Jokowi menerima tanah dan air dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan /Tangkapan layar Youtube Setpres

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Riau Syamsuar, 

Presiden Jokowi menerima tanah dan air dari Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan /Tangkapan layar Youtube Setpres 

Gubernur Maluku Murad Ismail, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Banten diwakili Wakil Gubernur, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, 

Presiden Jokowi menerima tanah dan air dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo /Tangkapan layar Youtube Setpres

Gubernur Bali diwakili Wakil Gubernur, Gubernur Jambi H. Al Haris, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Gubernur Bangka Belitung diwakili Wakil Gubernur, Gubernur Sulawesi Tengah Rudy Mastura,

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Presiden Jokowi (kiri) /Tangkapan layar Youtube Setpres

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Gorontalo diwakilkan Wakil Gubernur, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, 

Presiden Jokowi menerima tanah dan air dari Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor /Tangkapan layar Youtube Setpres

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Kalimantan Tengah diwakili Wakil Gubernur, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. 

Presiden Jokowi mempersiapkan diri untuk berdoa bersama /Tangkapan layar Youtube Setpres

Setiap provinsi membawa simbol daerahnya masing-masing yang diawali dengan DKI Jakarta, Aceh dan Papua, melambangkan satu kesatuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Presiden Jokowi doa bersama sebagai ucapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas terselenggaranya acara ini dengan lancar /Tangkapan layar Youtube Setpres

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. 

"Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," ujar Jokowi. 

Presiden Jokowi foto bersama para gubernur /Tangkapan layar Youtube Setpres

Menurut Jokowi, kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan IKN akan sangat membantu agar apa yang dicita-citakan segera terwujud.

Kawasan hutan di IKN /Tangkapan layar Youtube Setpres

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara Drs. H. Nasrudin.

Pewarta: Kun/Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH