Salat Tarawih Perdana Masjid Al-Ma'mur Perumahan Bumi Asri Kutabumi Tangerang: Semangat Membangun Ukhuwah Umat

Umat Muslim Indonesia malam ini menggelar salat tarawih perdana setelah pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1443 H/2022 M atau puasa pertama

Salat Tarawih Perdana Masjid Jami Al-Ma'mur Kuta Bumi: Semangat Membangun Ukhuwah Umat

Salat Tarawih Perdana Masjid Al-Ma'mur Perum. Bumi Asri Kutabumi: Semangat Membangun Ukhuwah Umat. /Foto: Suaraumat/Kun


TANGERANG, SUARAUMAT.com - Umat Muslim Indonesia malam tadi menggelar salat Tarawih perdana setelah pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1443 H/2022 M atau puasa pertama yang jatuh pada Minggu, 3 April 2022. 

Berdasarkan pantauan Suaraumat.com malam tadi di Masjid Al-Ma'mur Jl. Anggur 1 dan 2 RT 02/016, Perum Bumi Asri Kutabumi, Pasar Kemis, Tangerang Banten, ruang utama masjid terisi penuh menjelang pelaksanaan Tarawih setelah salat Isya.

Umat Muslim Indonesia malam ini menggelar salat tarawih perdana setelah pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1443 H/2022 M atau puasa pertama yang jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Jemaah laki-laki mengisi semua saf begitu juga dengan saf wanita, perkiraan jumlah jemaah 400 orang. 

Meski demikian, jemaah terlihat merapatkan barisan alias tak menjaga jarak. Namun, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti memakai masker, melakukan pengecekan suhu, hingga membawa alas salat pribadi.

Salat Tarawih Perdana Masjid Jami Al-Ma'mur Kuta Bumi Tangerang: Semangat Membangun Ukhuwah Umat

Antusiasme dan rasa senang jemaah menyambut Ramadan

Salah satu jemaah masjid, Yulianto mengaku senang dengan pelaksanaan salat Tarawih perdana di masa pandemi tahun ini. Ia datang bersama anggota keluarga dan kerabatnya dari perumahan Bumi Asri Kutabumi, Pasar Kemis Tangerang. 

Yulianto mengatakan baru kali pertama melaksanakan salat Tarawih secara jemaah sejak dilarang karena pandemi covid-19 mulai 2020 silam. Ia pun antusias mengikuti pelaksanaan Tarawih tahun ini.

Yulianto juga tak terlalu khawatir, karena ia tetap menjalankan prokes seperti menggunakan masker membawa alas salat sendiri, dan menggunakan handsanitizer.

Salat Tarawih Perdana Masjid Jami Al-Ma'mur Kuta Bumi Tangerang: Semangat Membangun Ukhuwah Umat
Jajaran Pengurus Masjid Al-Ma'mur, Perumahan Bumi Asri Kutabumi, Tangerang Banten. /Foto: Suaraumat.com/Kun

"Kalau aku sih bawa handsanitizer, selalu pakai masker, cuma nggak seketat dulu karena sudah vaksin juga, sudah 3 kali jadi harapan sih udah aman," katanya di lokasi.

Pesan DKM Al-Ma'mur

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) H Abdurachman Fauzi, S.Pd.I., dalam sambutanya mengajak dan menghimbau orang tua untuk mengajak anak-anaknya salat Tarawih berjemaah, tetap menjaga protokol kesehatan. 

"Karena bila anak-anak tidak ikut salat Tarawih yang terjadi justru main, nongkrong ini yang tidak baik, dan mengingatkan kembali mari bersedekah, bergotong-royong dengan spirit ramadaan ini rencana pembuatan menara masjid semoga bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.

Dan lebih penting lagi ia menekankan, "Dalam kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan, persatuan yang sudah mulai terkoyak-koyak, Ketua DKM Al-Ma'mur berpesan agar kita tingkatkan semangat kita, spirit kita di ramadan tahun ini 1443 hijriah dengan "Semangat Membangun Ukhuwah Umat" agar kita tetap kuat kokoh dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa."

Salat Tarawih Perdana Masjid Al-Ma'mur Perumahan Bumi Asri Kutabumi Tangerang: Semangat Membangun Ukhuwah Umat
Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ma'mur H Abdurachman Fauzi, S.Pd.I. /Foto: Suaraumat.com/Kun

Salat Isya skaligus salat Tarawih berjemaah berjalan dengan baik dan khusyuk. Ketua panitia Ahmad Mujianto dan H. Fachrudin sebagai satgas sangat berperan dalam salat Tarawih perdana ini. Seperti mengatur jalanya salat Tarawih, mengatur saf salat, mengingatkan dan menghimbau kepada jemaah tetap menjaga protokol kesehatan. 

Sinergisitas ini juga disuport oleh Iran Arifin sebagai Pembina Prisma Masjid Al- Ma'mur, hingga proses persiapan Tarawih oleh panitia, satgas, berjalan dengan baik, khusyuk dan lancar.

Jadwal kegiatan selama bulan Ramadan

  1. Tarawih
  2. Tadarus
  3. Iftor buka bersama
  4. Santunan yatim piatu
  5. Iftor on the road
  6. Kajian remaja Prisma
  7. I'tiqaf 10 hari terakhir
  8. Salat Idul Fitri.

Susunan kepengurusan Masjid Al-Ma'mur

  • Ketua panitia - Achmad Mujianto
  • Ketua DKM - H Abdurachman Fauzi S.Pd.I
  • Dewan Suro - Ustaz Muhammad Kamono S.Pd.I
  • Ketua Prisma Al-Ma'mur - Faisal
  • Pembina Persatuan Remaja Islam Masjid Al-Ma'mur (PRISMA) - Iran Arifin.


Video Salat Tarawih Perdana Ramadan 1443 H/2022 M di Masjid Al-Ma'mur Perum Bumi Asri,  Kutabumi Tangerang, Banten 

Pewarta: Kun/Editor: Kun

COMMENTS

BEST MONTH