Intip Tips Tetap Sehat Menuju Endemi Bersama Praktisi Gaya Hidup

Praktisi Gaya Hidup Sehat Saidan mengatakan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya karena Covid-19,

Intip Tips Tetap Sehat Menuju Endemi Bersama Praktisi Gaya Hidup
Praktisi Gaya Hidup Sehat, Saidan. [Foto: Tangkapan Layar Youtube Perindo]

SUARAUMAT.com -
Dunia, termasuk Indonesia, saat ini sedang bergerak ke arah endemi. Setelah lebih dari dua tahun dilanda pandemi Covid-19, yang membuat setiap orang harus lebih ketat menjaga kesehatannya sendiri. 

Praktisi Gaya Hidup Sehat Saidan mengatakan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya karena Covid-19, namun setelah pandemi berlalu, masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

"Tips saya untuk masyarakat Indonesia, bagaimana kita menjaga kesehatan untuk menuju endemi ini pertama adalah faktor disiplin," ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata di Channel YouTube Partai Perindo, Sabtu (7/5/22), dikutip Suaraumat.com. 

Dia mengatakan, faktor disiplin yang dimaksud ada tiga yaitu disiplin dalam olahraga karena sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, agar tidak mudah sakit terutama di masa-masa pandemi yang belum reda sampai saat ini. 

"Logikanya, kita punya mobil selama 20 tahun. Jika selama 20 tahun itu tidak diservis apa yang terjadi? Begitu juga dengan tubuh kita, perlu diservis. Caranya dengan olahraga," katanya. 

Selanjutnya disiplin pola makan, yaitu dengan melakukan diet. Memerhatikan asupan nutrisi, serat dan protein supaya asupan tubuh terpenuhi. Bahkan protein yang bisa dikonsumsi tidak melulu harus mahal. 

Misalnya cukup dengan tahu dan tempe yang merupakan protein dari nabati. Mudah dan murah didapatkan. Tak lupa juga, minum air putih yang banyak karena kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting. Sebab 90 persen tubuh manusia memerlukan air, jika sampai kekurangan dikhawatirkan akan gagal ginjal. 

Lebih jauh disiplin dalam istirahat dan tidur. Saidan menambahkan, bahwa manusia membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam perharinya. Hal ini juga sebagai recovery untuk tubuh Anda. 

"Otot berkembang itu saat tidur, bukan saat kita lagi latihan. Jadi harus ada recovery. Pola tidur harus cukup 7- 8 jam. Siang kalau ada waktu tidur 1 jam," tuturnya.

[red/sum]

COMMENTS

BEST MONTH