Jelajah Wisata Alam Instagramable Bandung Selatan, Cek 10 Rekomendasinya Sekarang

Jelajah Wisata Alam Instagramable Bandung Selatan, Cek 10 Rekomendasinya Sekarang di Suaraumat.com maju pariwisata Jawa Barat Bandung Selatan.

Jelajah Wisata Alam Instagramable Bandung Selatan, Cek 10 Rekomendasinya Sekarang
Bukit Jamur Ciwidey, Bandung Selatan Jawa Barat. [Foto: Cermati.com]

SUARAUMAT.com -
Bagi kebanyakan orang mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata memang menyenangkan.

Namun selain menikmati suasana di tempat wisata, tak ada salahnya mengabadikan momen dengan jepretan kamera.

Ada beberapa tempat wisata yang pasti Instagramable kekinian di Jawa Barat.

Misalnya wisata alam di kawasan Bandung Selatan yaitu Ciwidey dan Patenggang. 

Kedua lokasi ini merupakan tempat wisata paling favorit yang sering dikunjungi wisatawan baik dari luar kota maupun warga lokal Bandung dan sekitarnya.

Tak heran jika akhir pekan atau musim liburan tiba, Bandung menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan untuk refreshing bersama keluarga tercinta.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk pergi berlibur ke kawasan Bandung Selatan bersama keluarga, saudara, teman, atau pasangan.

Dirangkum Suaraumat.com, berikut Sepuluh Tempat Wisata Alam Hits dan Instagramable di Bandung Selatan yang wajib kalian Kunjungi. Rekomendasi dan layak untuk Disimak ya!

1. Kawah Putih Ciwidey

Jelajah Wisata Alam Instagramable Bandung Selatan, Cek 10 Rekomendasinya Sekarang
Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan Jawa Barat. [Foto: Cermati.com]

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Bandung Selatan tepatnya di kawasan Ciwidey adalah Kawah Putih. Kawah yang terletak di kaki Gunung Patuha ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya terkadang berubah warna sesuai dengan kadar kandungan belerang yang ada di dalam kawah.

Kawah Putih selain sebagai destinasi wisata juga sering dijadikan sebagai tempat foto Pre-Wedding atau lokasi shooting film.

Bagi Anda yang ingin datang ke sini, pastikan untuk mengenakan pakaian tebal atau sweater dan masker karena udara di sini sangat dingin dan bau belerang cukup kuat.

2. Ranca Upas

Jelajah Wisata Alam Instagramable Bandung Selatan, Cek 10 Rekomendasinya Sekarang
Kawasan Wisata Ranca Upas, Bandung Selatan Jawa Barat. [Foto: Cermati.com]

Tidak jauh dari lokasi Kawah Putih, ada satu destinasi wisata yang cukup diminati juga oleh wisatawan terkhusus yang suka kemping dan hewan. Namanya adalah Ranca Upas, merupakan kawasan wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Selain itu juga, udara yang masih sejuk dan bebas dari populasi membuat alam di sekitar Ranca Upas masih terjaga keasriannya. Terlihat dari masih banyaknya pepohonan jenis eukaliptus yang masih banyak tumbuh di sekitar ranca upas ini dan dijadikan juga sebagai tempat penangkaran rusa.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di sini, seperti kamar mandi umum, mushola, warung, hingga penyewaan kendaraan ATV dan peralatan kemping.

3. Situ Patenggang

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Ya, Situ Patenggang atau nama lainnya adalah Situ Patengan, merupakan wisata danau yang juga masih berada di wilayah Kecamatan Ciwidey.

Situ Patenggang merupakan tempat yang asyik untuk piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan di sana. Udara yang masih sejuk ditambah angin sepoi-sepoi yang menyapu hamparan air membuat suasana di sini semakin menyejukkan jiwa.

Tak hanya itu, tak jauh dari Situ Patenggang terdapat Pinisi Resto & Glamping Lakeside. Di sini, Anda bisa berfoto sambil menikmati makanan ditemani pemandangan Situ Patenggang yang sangat menyejukkan mata.

4. Kebun Teh Rancabali

Salah satu daya tarik yang ditawarkan tempat wisata di Bandung Selatan ini adalah hamparan kebun teh yang hijau ditambah dengan keindahan pemandangan sekitar yang memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Semuanya bisa kamu temukan saat memasuki area Perkebunan Teh Rancabali.

Untuk menuju ke Kebun Teh Rancabali, Anda akan menemukannya dalam perjalanan menuju Situ Patenggang. Di sana Anda bisa berjalan-jalan santai di tengah kebun teh dan berfoto selfie dengan latar belakang kebun teh.

5. Pemandian Air Panas Ciwalini

Bagi Anda yang sudah sering berlibur ke Bandung Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tempat wisata yang satu ini. Pemandian Air Panas Ciwalini, merupakan salah satu mata air panas yang sudah lama beroperasi di kawasan Ciwidey.

Menjadi salah satu pilihan pemandian air panas keluarga, Ciwalini masih bertahan hingga saat ini. Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Patuha menambah pengalaman seru yang dimiliki keluarga selama berada di sana.

Tidak hanya itu, Ciwalini juga menyediakan beberapa fasilitas lain yang bisa Anda nikmati seperti Flying fox, sepeda dan juga wahana ATV.

6. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Selain menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, di Bandung Selatan juga terdapat tempat yang sangat unik untuk dikunjungi. Namanya Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey.

Di taman ini, Anda akan menemukan banyak pohon cemara pendek berbentuk jamur payung.

Karena keunikan tersebut, banyak orang yang penasaran untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

7. Taman Kelinci Ciwidey

Bagi pecinta binatang khususnya kelinci, taman kelinci ini sangat cocok untuk Anda kunjungi saat berlibur.

Di sini kamu bisa melihat kumpulan kelinci kecil berlarian di alam liar yang sekilas mengingatkan kita pada film Alice in the Wonderland.

Di pintu masuk, Anda akan diberikan wortel sebagai makanan kelinci yang kemudian dapat Anda berikan dengan hati-hati, langsung ke kelinci. Selain itu masih banyak hewan lain yang ada di sini seperti kuda, kambing, burung hantu, dan lain-lain.

8. Kawah Cibuni Rengganis

Selanjutnya ada Wisata Alam Kawah Cibuni Rengganis. Diberi nama itu karena sesuai dengan nama daerahnya, yaitu Cibuni. Daya tarik tempat wisata ini adalah kawahnya yang terbentuk secara alami dari letusan gunung berapi Sunda purba jutaan tahun yang lalu.

Tidak hanya itu, disini kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan sambil menikmati pemandangan yang indah dengan berendam di pancuran air yang ada di sana.

Selain itu ada juga spot baru yang baru diresmikan baru-baru ini yaitu pembangunan Jembatan Gantung Rengganis yang diklaim terpanjang di Asia Tenggara yang wajib banget kamu coba, sensasinya.

9. Barusen Hills/Bukit Barusen

Bagi Anda yang sedang mencari tempat-tempat Instagramable, Barusen Hills adalah jawabannya.

Mengusung konsep love, Bukit Barusen menghadirkan beberapa spot foto yang sangat bagus untuk berfoto, seperti taman bunga, Taman Cinta, Gardu Pandang Love, Kincir Angin, dll.

10. Ciwidey Valley Resort/Resor Lembah Ciwidey Lembah

Nah, yang terakhir adalah tempat yang tidak kalah populer di Bandung Selatan yaitu Ciwidey Valley Resort. Bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata yang menawarkan paket lengkap, ini bisa menjadi pilihan.

Selain menyediakan kolam air hangat, ada juga waterpark yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak yang asyik.

Tidak hanya itu, Ciwidey Valley Resort juga menyediakan kemping ground bagi Anda yang ingin menikmati alam sambil berkemah saat bosan berendam air panas.

Dan bagi Anda yang berencana untuk bermalam, Anda bisa mencoba cottage yang ada. Dengan menghabiskan Rp50 ribu untuk tiket masuk, Anda juga mendapatkan tiket kolam renang.

Demikian informasi seputar 10 daerah wisata instagramable di Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat. Mari terus mencintai pariwisata dan kearifan lokal Indonesia selain sumber perputaran ekonomi juga sebagai sarana memperekat persaudaraan sesama anak bangsa. 

Penulis: Konradus Pfedhu II Editor: Konradus Pfedhu

COMMENTS

BEST MONTH