Jelang Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo Bertolak Ke Ende Flores NTT

Ende adalah tempat perenungan Soekarno tentang dasar negara. Di wilayah tersebut, Soekarno menyadari Indonesia bukan hanya Jawa.

Jelang Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo Bertolak Ke Ende Flores NTT
Jelang Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Presiden Joko Widodo Bertolak Ke Ende Flores NTT. [Foto: Suaraumat.com/Setpres File]

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Presiden Joko Widodo
(Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kerja ke Ende, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/5/2022).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sendiri telah memastikan Jokowi diagendakan untuk mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan digelar di Ende, Flores NTT besok, Rabu 1 Mei 2022.

"Ya [Jokowi akan mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila]," kata Heru saat dikonfirmasi.

Sebagai informasi, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah memusatkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini di Ende, Flores NTT. Wilayah tersebut bukan tanpa alasan dipilih sebagai pusat peringatan.

Ende dianggap memiliki rekam sejarah yang berkaitan dengan kelahiran Pancasila. Wilayah tersebut merupakan tempat pengasingan Presiden Soekarno pada 14 Januari 1934, sebelum akhirnya pindah ke Bengkulu.

Mengutip laman resmi BPIP, Wakil Kepala BPIP Hariyono mengemukakan Ende adalah tempat perenungan Soekarno tentang dasar negara. Di wilayah tersebut, Sukarno menyadari Indonesia bukan hanya Jawa.

"Walaupun Bung Karno adalah pejuang dan tokoh dari kalangan Islam, tapi di Ende dia juga berdiskusi dengan tokoh agama lain," kata Hariyono.

Sementara, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo mengemukakan banyak situs sejarah yang menjadi daya tarik di Ende. Mulai dari rumah pengasingan bung Karno, Taman Perenungan, hingga Gedung Immaculata.

"Peringatan hari Lahir Pancasila saat ini menjadi momen berharga bagi Kabupaten Ende dan masyarakat Indonesia," jelasnya.

(Sum/kn)

COMMENTS

BEST MONTH