Kemenhub Jadikan Jembatan Timbang Balonggandu Tempat Istirahat Pemudik Motor, Ada Makan dan Minum GRATIS!

Penulis: Konradus Pfedhu Jembatan Timbang (JT) atau Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu di Karawang yang disul...

Penulis: Konradus Pfedhu

Kemenhub Jadikan Jembatan Timbang Balonggandu Tempat Istirahat Pemudik Motor, Ada Makan dan Minum GRATIS
Jembatan Timbang (JT) atau Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu di Karawang yang disulap Kemenhub sebagai tempat beristirahat (rest area) para pemudik motor. (Foto: Dok. Kemenhub)

SUARAUMAT.com -
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau pemudik sepeda motor memanfaatkan Jembatan Timbang (JT) atau Unit Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu di Karawang Jawa Barat untuk beristirahat. 

JT Balonggandu untuk sementara dialihfungsikan menjadi rest area atau tempat peristirahatan karena tingginya minat pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, mengingat tingginya animo pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, JT Balonggandu dialihfungsikan sementara menjadi rest area sebagai tempat beristirahat.


"Dengan dialihfungsikannya Jembatan Timbang Balonggandu ini diharapkan para pemudik dapat beristirahat sejenak serta menikmati fasilitas yang telah disediakan, misalnya kursi pijat sebagai relaksasi sebelum melanjutkan perjalanan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Diketahui, rest area pengendara sepeda motor di JT Balonggandu tersedia selama masa arus balik mudik angkutan Lebaran atau mulai 3 hingga 10 Mei 2022.

Sementara JT Balonggandu sendiri dilengkapi dengan tempat bermain anak, fasilitas charging, kursi pijat, mushola, toilet, tenant dari UMKM lokal, serta makanan dan minuman gratis. Selain itu, juga disediakan posko kesehatan untuk memeriksa kondisi pemudik.


Jangan paksakan jalan saat lelah

Di sisi lain, Dirjen Budi juga mengingatkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebelum melakukan perjalanan balik untuk mengecek kondisi kendaraannya agar meminimalisir hambatan selama perjalanan.


"Jika pengendara baik roda dua maupun roda empat sudah merasa lelah, jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan. JT Balonggandu bisa dimanfaatkan masyarakat agar perjalanan bisa tetap aman, nyaman, dan selamat sampai di rumah," pungkas Budi.

(kn)

COMMENTS

BEST MONTH