Presiden Joko Widodo: Alhamdulillah Salat Id dan Mudik Lebaran Berjalan Lancar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mensyukuri pelaksanaan salat Idulfitri 1443 Hijriah yang digelar di pelataran Gedung Agung, Istana Kepresidenan

Presiden Joko Widodo Alhamdulillah Salat Id dan Mudik Lebaran Berjalan Lancar
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait mudik lebaran usai bersilaturahmi di Keraton Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022. Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres/Lukas

SUARAUMAT.com -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mensyukuri pelaksanaan salat Idulfitri 1443 Hijriah yang digelar di pelataran Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Senin 2 Mei 2022 berjalan dengan baik dan lancar. Presiden juga memantau pelaksanaan salat Idulfitri di daerah lain di Tanah Air.

"Alhamdulillah tadi salat id di Gedung Agung, di Istana, berjalan dengan baik, semuanya lancar dan Alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri tahun ini. Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, Alhamdulillah," ungkap Presiden dalam keterangannya usai bersilaturahmi di Keraton Yogyakarta.

Baca juga: Resmi! Roman Abramovich tidak lagi mengelola Chelsea

Selain salat Idulfitri, Presiden Jokowi juga melihat arus mudik Lebaran berjalan dengan baik dan lancar meski ada beberapa kendala kecil di lapangan, seperti antrean di pelabuhan Merak dan Bakauheni. Menurut Kepala Negara, hal itu karena volume kendaraan tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

"Memang volume kendarannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada. Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi," kata Presiden menjelaskan.

Baca juga: Wajah Eksotik Anak-anak Pemilik Tana Humba

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta, mudik Lebaran tahun ini memang dilakukan banyak orang. Sedikitnya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor mudik tahun ini.

Seperti halnya awal melakukan perjalanan mudik, Presiden Jokowi juga mengimbau para pemudik untuk pulang lebih awal.

Baca juga: Desainer Indonesia yang membeli organ manusia diduga Arnold Putra, ini 4 kontroversinya

"Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," tandas Presiden Jokowi.

Editor: Konradus Pfedhu

COMMENTS

BEST MONTH