Todd Boehly, Pemilik Baru Chelsea Pengganti Roman Abramovich, Ini Profilnya

"Persetujuan dari pemerintah Inggris diperlukan untuk bisa melakukan transfer dari rekening yang dibekukan tersebut. Proses penjualan ini diharapkan

Todd Boehly Pemilik Baru Chelsea Pengganti Roman Abramovich Ini Profilnya
Todd Boehly dan rekan-rekan jadi pemilik baru Chelsea. (AFP/PATRICK T. FALLON)

SUARAUMAT.com -
Raksasa Liga Inggris The Blues Chelsea akan segera berpindah tangan menyusul kesepakatan klub dengan Todd Boehly dkk. Berikut profil Todd Boehly, pemilik baru Chelsea.

Todd Boehly adalah seorang pengusaha asal Amerika Serikat (AS). Pengusaha berusia 46 tahun ini memiliki tiga putra, Nick, Zach dan Clay dari pernikahannya dengan Katie Boehly.

Setelah menyelesaikan sekolah di Betshesda, Maryland, Boehly melanjutkan studinya di London School of Economics, Inggris.

Semasa muda Boehly memulai karirnya sebagai karyawan Citibank, kemudian CS First Boston dan Guggenheim Partners di awal tahun 2000-an.

BACA JUGA: The Blues Chelsea Resmi Punya Pemilik Baru, Siap Investasi Pada Klub

Dari pengalamannya sebagai karyawan, dia perlahan membangun bisnis investasi dan meraih kesuksesan ketika dia membuat kesepakatan dengan Time Warner Cable dan Los Angeles Dodgers untuk menyiarkan pertandingan bisbol, pada 2013.

Namanya semakin meroket ketika tercatat sebagai salah satu pendiri dan CEO Eldridge Industries pada tahun 2015. Eldridge Industries adalah perusahaan induk yang mencakup beberapa sektor industri seperti asuransi, manajemen aset, teknologi, olahraga, media, real estat, dan restoran.

Perusahaan mendanai beberapa nama besar seperti majalah The Hollywood Reporter, Billboard, Rolling Stone dan majalah Variety untuk industri media massa hingga terpilih sebagai CEO sementara Hollywood Foreign Press Association pada Oktober 2021.

Boehly juga mengucurkan dana untuk bisnis restoran franchise seperti Pizza Hut dan Wendy's saat bekerja sama dengan NPC International Inc.

BACA JUGA: Chelsea yang malang tak berkutik di hadapan Madrid yang perkasa, selamat buat El Real

Sementara di bidang olahraga, Boehly tercatat sebagai salah satu pemilik klub juara tujuh kali Major League Baseball (MLB) Los Angeles Dodgers dan juara NBA 17 kali Los Angeles Lakers.

Pengalamannya memiliki klub olahraga membuatnya masuk dalam daftar pembeli potensial Chelsea setelah Roman Abramovich secara terbuka menjual klub tersebut pada 2 Maret lalu.

Boehly bekerja sama dengan sesama pemilik LA Dodgers Mark Walters, Joanthan Goldstein, Hansjorg Wyss dan firma investasi AS Clearlake Capital untuk mengajukan penawaran ke Chelsea. Langkah tersebut diduga dilakukan oleh Boehly setelah gagal membeli Chelsea pada 2019.

Hingga akhirnya pada tahun 2022, tawaran investasi sebesar 2,5 miliar poundsterling atau setara dengan Rp44,7 triliun diterima.

BACA JUGA: Liga Champions: Chelsea atasi Lille 2-1 Mantap Menatap Perempat Final

"Dari total investasi yang dilakukan sebesar 2,5 miliar poundsterling akan digunakan untuk membeli saham di klub dan dana penjualan itu akan disimpan pada rekening yang telah dibekukan oleh Bank Inggris dengan tujuan donasi 100 persen untuk kegiatan amal seperti yang telah dikonfirmasi oleh Roman Abramovich."

Todd Boehly dan rekan-rekan jadi pemilik baru Chelsea. (AFP/PATRICK T. FALLON)
Chelsea menjelma jadi klub yang ditakuti di Inggris dan Eropa sejak Roman Abramovich menjadi pemilik klub tersebut. (REUTERS/HANNAH MCKAY)

"Persetujuan dari pemerintah Inggris diperlukan untuk bisa melakukan transfer dari rekening yang dibekukan tersebut. Proses penjualan ini diharapkan bisa selesai pada akhir Mei dengan menunggu semua persetujuan dari pihak-pihak yang dibutuhkan," demikian pernyataan resmi Chelsea.

BACA JUGA: Perempat final Piala FA: Chelsea kandaskan Middlesbrough "pembunuh" raksasa Man United dan Tottenham

Selain 2,5 miliar poundsterling yang akan disumbangkan, konsorsium atau kelompok pemilik baru Chelsea akan mengeluarkan dana senilai 1,75 miliar poundsterling atau setara dengan Rp31,3 triliun untuk menginvestasi operasional klub.

"Hal itu termasuk investasi pada Stamford Bridge, akademi, tim wanita dan Kingsmeadow (stadion tim wanita Chelsea), serta Chelsea Foundation," tulis Chelsea dalam pernyataan resmi klub.

[red/kp]

COMMENTS

BEST MONTH