Breaking News: Gempa guncang Afghanistan, 255 korban meninggal dunia

“Sebagian besar kematian terjadi di provinsi Paktika, di mana 100 korban meninggal dan 250 lainnya terluka,” kata Kepala Kementerian Bencana...

Breaking News Gempa guncang Afghanistan, 255 korban meninggal dunia
Foto Ilustrasi.

Konradus Fedhu - Internasional

KABUL, SUARAUMAT.com - Kantor berita pemerintah Afghanistan melaporkan, sedikitnya 255 meninggal dunia dalam gempa yang melanda provinsi Paktika timur pada Rabu (22/6) pagi. 

Gempa itu terjadi sekitar 44 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, pada kedalaman 51 km, kata Survei Geologi AS. 

"Goncangan kuat dan panjang," seorang penduduk ibukota Afghanistan, Kabul, memposting di situs European Mediterranean Seismological Center (EMSC). Foto-foto di media Afghanistan menunjukkan rumah-rumah menjadi puing-puing.

"(Gempa) Itu kuat," kata seorang penduduk kota Peshawar, Pakistan barat laut. Getaran dirasakan oleh sekitar 119 juta orang di Pakistan, Afghanistan dan India, kata EMSC di Twitter. 

“Sebagian besar kematian terjadi di provinsi Paktika, di mana 100 korban meninggal dan 250 lainnya terluka,” kata Kepala Kementerian Bencana Alam Pemerintahan Taliban, Mohammad Nassim Haqqani, seperti dikutip dari CNA. 

“Setidaknya 25 orang lainnya meninggal di Khost dan lima di provinsi Nangarhar, lanjutnya. Ia menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apakah ada lebih banyak korban.

Bencana itu terjadi ketika Afghanistan telah mengalami krisis ekonomi yang parah sejak Taliban mengambil alih pada Agustus, ketika pasukan internasional pimpinan Amerika Serikat ditarik setelah dua dekade perang. 

Menanggapi pengambilalihan Taliban, banyak pemerintah telah menjatuhkan sanksi pada sektor perbankan Afghanistan dan memotong bantuan pembangunan senilai miliaran dolar.

(kn/sum)

Sumber: Sindonews.com

COMMENTS

BEST MONTH