Jelang HUT DKI Jakarta besok, nikmati Gratis naik Transjakarta, LRT dan MRT

Seluruh penumpang yang hendak ke Jakarta Hajatan dapat menikmati layanan Transjakarta, LRT, dan MRT secara gratis atau cuma-cuma dalam rangka HUT DKI

Jelang HUT DKI Jakarta besok, nikmati Gratis naik Transjakarta, LRT dan MRT
Transjakarta. [Foto: Tangkapan layar transjakarta.co.id]

Konradus Fedhu - Suaraumat.comNews

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Seluruh penumpang yang hendak ke Jakarta Hajatan dapat menikmati layanan Transjakarta, LRT, dan MRT secara gratis atau cuma-cuma dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun atau HUT DKI Jakarta, yang jatuh pada Rabu (22/6).

Hal itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke 495.

Aturan tersebut ditetapkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Selasa (21/6).

"Menugaskan kepada Perseroan Terbatas Transportasi Jakarta, Perseroan Terbatas MRT Jakarta dan Perseroan Terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni 2022 dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dengan ketentuan tarif sebagai berikut," demikian bunyi diktum kesatu SK Kadishub DKI Jakarta seperti dilihat pada Selasa (21/6/2022).

"Layanan TransJakarta BRT dan Non BRT/Feeder, MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp 0,00 (nol rupiah)," tambahnya.

Adapun layanan gratis bagi penumpang Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta itu berlaku mulai pukul 00.00-23.59 WIB.

Selain itu, tarif gratis berlaku untuk layanan Mikrotrans, layanan rusun, bus wisata, TransJakarta Cares, serta penugasan Transportasi Jakarta lainnya. Nantinya, seluruh biaya bakal ditanggung oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui subsidi.

"Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta hanya berlaku pada tanggal 22 Juni 2022," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Rangkaian perayaan Jakarta Hajatan Ke-495 akan dibuka dengan Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 (Opening Ceremony: Jakarta's 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching) di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada 24 Mei lalu.

Pembukaan diisi diskusi Jakarta Hajatan Ke-495 dan Digital Nomad Island bersama tokoh publik dunia. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Regional Director for East, Southeast Asia and Oceania C40 Cities, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Maladewa, Aqsa Sutan Anwar, selaku pegiat industri pariwisata bakal mengisi acara tersebut.

Setelah itu, rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 diisi acara lainnya, yaitu:

1. Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour

2. Jakarta International Java Jazz

3. Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan

4. Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta

5. Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM)

6. Pekan Kolaborasi Daerah

7. Formula E

8. Jakarta Awards & Malam Resepsi

9. Pagelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukan musik, pameran, hingga acara rutin, yakni Upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Jelang HUT DKI Jakarta besok, nikmati Gratis naik Transjakarta, LRT dan MRT

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan memimpin upacara HUT DKI Jakarta ke-495 di Monumen Nasional pada 22 Juni mendatang. 

Kemudian, Jakarta Hajatan akan ditutup dengan closing ceremony di Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni mendatang.

(knp/sum)

COMMENTS

BEST MONTH