Mantan Perdana Menteri ini Siap Tantang Erdogan di Pilpres Turki 2023

Mantan Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, pada Sabtu (18/6/2022) mengungkapkan rencananya untuk maju...

Mantan Perdana Menteri ini Siap Tantang Erdogan di Pilpres Turki 2023
Ketua Umum Partai Masa Depan Turki, Ahmet Davutoglu. (Foto: Reuters)

Penulis: Konrad

ANKARA, SUARAUMAT.com - Mantan Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, pada Sabtu (18/6/2022) mengungkapkan rencananya untuk maju sebagai calon presiden di pemilu 2023. Dia akan mewakili aliansi enam partai oposisi untuk menantang sang petahana yang juga bekas sekutunya, yaitu Presiden Recep Tayyip Erdogan. 

Selain menjabat perdana menteri, Davutoglu juga pernah menjabat sebagai penasihat Erdogan. Dia juga menjadi menteri luar negeri Turki (2009-2014) dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan alias AKP (2014–2016). 

Davutoglu dan Erdogan kemudian “pecah kongsi”. Pada 2019, dia mendirikan partai baru dan bakal menjadi penantang AKP di kotak suara tahun depan. 

“Kami (para pemimpin enam partai oposisi) menjadi pesaing (AKP) sejak kami mendirikan partai kami. Kami semua adalah pesaing,” ungkap Davutoglu seperti yang diberitakan surat kabar Yenicag, akhir pekan ini.

Davutoglu mengatakan, Partai Masa Depan yang dia dirikan masih terbuka untuk membahas kemungkinan memilih satu calon presiden dari aliansi oposisi.

Erdogan secara resmi telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri menjadi presiden lagi pada pekan lalu. Dia akan mencalonkan diri sebagai kandidat Aliansi Rakyat AKP dan Partai Gerakan Nasionalis sayap kanan yang loyal kepadanya.

Sementara itu, enam partai oposisi Turki berjanji pada Februari lalu, bahwa mereka akan membatasi kekuasaan presiden dan meningkatkan kembali peran parlemen jika menang pemilu.

Editor: Konrad

COMMENTS

BEST MONTH