PDI Perjuangan gelar Rakernas 2022, Bahas Capres potensial dan Konsolidasi internal Partai menyongsong Pemilu 2024

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas, Selasa (21/6/2022).

PDIP gelar Rakernas 2022, Bahas Capres potensial dan Konsolidasi nternal Partai
Rakernas PDI-Perjuangan bahas nama-nama Capres potensial dan konsolidasi internal partai menyongsong Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang. [Foto: Suaraumat.com/Istimewa]

Penulis: Konrad

JAKARTA, SUARAUMAT.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas, Selasa (21/6/2022). 

Berdasarkan pantauan Suaraumat.com pukul 9.15 WIB Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi Rakernas, tepatnya di Sekolah Partai, Jl. Lenteng Agung Raya No.99, RT.5/RW.1, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12610.

Megawati tampak mengenakan baju merah dipadukan warna hitam saat memasuki lingkungan sekolah partai PDI-Perjuangan.

Megawati didampingi Sekretaris Jenderal atau Sekjen PDI-Perjuangan (PDI-P), DR. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M., dan sejumlah elit partai berlambang banteng hitam bermoncong putih dengan latar merah di dalam lingkaran bergaris hitam dan putih.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut mendampingi Megawati. Hadir juga di Rakernas PDI-Perjuangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tiba pukul 09.30 WIB.

Jokowi datang dengan mengenakan batik berwarna cokelat. Setelah itu, Puan Maharani, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-Perjuangan, tiba di lokasi Sekolah Partai sekitar pukul 09.32 WIB.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memakai baju hitam langsung disambut Hasto Kristiyanto saat memasuki area Sekolah Partai.

Selain itu, hadir Sekretaris Kabinet yang juga politisi PDI-Perjuangan Pramono Anung. Kemudian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga. Rakernas PDI-Perjuangan 2022 ini digelar hingga Kamis (23/6).

Sejumlah nama calon presiden (capres) akan menjadi salah satu agenda krusial yang dibahas dalam Rakernas tersebut.

Ketua DPP PDI-Perjuangan Puan Maharani mengatakan nama-nama calon presiden menjadi salah satu agenda yang akan dibahas dalam Rakernas. Rakernas akan menyeleksi nama-nama potensial yang akan maju pada 2024.

"Mungkin calon-calon yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," kata Puan Maharani kepada awak media.

Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto mengatakan Rakernas memang akan membahas sejumlah hal penting. Tak terkecuali tentang pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri tiba di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan untuk mengikuti Rakernas, Selasa (21/6/2022). [Dok. PDI-Perjuangan]

"Hal strategis yang akan dibahas juga terkait dengan konsepsi dasar, visi misi yang akan dibawa oleh calon presiden dan calon wakil wakil presiden yang akan datang," ujar Hasto dalam kesempatan itu.

Namun, Hasto belum membeberkan sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon presiden PDI-P. Nama-nama potensial yang akan maju pada 2024, kata dia, sudah ada di tangan Megawati Soekarnoputri. 

"Nama-nama itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," pungkas Hasto.

Adapun Tema yang diangkat dalam Rakernas kali ini adalah “Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat”. Dengan Subtema Rakernas “Desa Taman Sari, Kemajuan Nusantara”.

Editor: Konrad

COMMENTS

BEST MONTH