Covid-19 Belum Lenyap, Jangan Lengah, Tetap Prokes

Di Jawa Barat (Jabar) setiap harinya sejak Juli rata-rata jumlah kasus harian 1.100-1.500 kasus. "Covid-19 itu belum hilang jadi masih ada, Jawa Barat

Covid-19 Belum Lenyap, Jangan Lengah, Tetap Prokes
Ilustrasi. [Pixabay]

BANDUNG, SUARAUMAT.com
-
Banyaknya anak TK maupun murid SD yang saat ini sakit sehingga tidak bisa belajar di kelas seperti biasa jangan hanya dianggap sebagai faktor cuaca yang pancaroba.

Gejala batuk, pilek, flu dan demam tersebut kemungkinan merupakan gejala Covid-19 yang sampai saat ini belum usai.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat dr Nina Susana Dewi menuturkan, masyarakat harus menyadari bahwa Covid-19 ini belum berakhir.

Di Jawa Barat (Jabar) setiap harinya sejak Juli rata-rata jumlah kasus harian 1.100-1.500 kasus. "Covid-19 itu belum hilang jadi masih ada, Jawa Barat masih kasusnya 1.100 -1.500 jadi belum landai.

"Artinya kita harus melakukan protokol kesehatan. Nah sekarang kan sekolah sudah mulai jadi harus hati-hati," ucap dia Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 11 Agustus 2022.

Menurut dia, kalau mau mencegah Covid-19 harus menerapkan 3 M di sekolah dan begitu ada anak yang batuk harus istirahat di rumah.

"Jangan dibiarkan anak itu tetap sekolah, nanti akan menular karena kita tahu gejala Covid-19.

"Sekarang itu seperti flu ringan tapi penularannya sangat cepat mungkin tadi jika beberapa anak periksa bisa saja positif. Jadi hati-hati, pakai masker dan sering cuci tangan," katanya.

Dikatakan dia, Covid-19 masih ada karena rata-rata 1.500 kasus harian terjadi dari mulai awal Juli.

Seharusnya akhir Juli itu melandai tapi karena ada Haji terus ada umroh jadi ada kluster-kluster yang bisa meningkatkan penularan pada keluarga.

Nina menambahkan, adanya gejala kesakitan di tengah anak sekolah dikarenakan secara imun mereka belum optimal sehingga gampang tertular.

"Gizinya juga kadang anak itu kan banyak mobilisasinya tapi index gizinya kurang dan membuat daya tahan tubuh kurang," katanya.***

Sumber: pikiran-rakyat.com

COMMENTS

BEST MONTH