Gubernur DKI Anies Baswedan Luncurkan Aplikasi Jakhabitat dan Sirukim

"Tidak bisa lagi melebar, kenapa? Karena lebarnya Jakarta tidak bisa ditambah. Ukurannya Jakarta itu 600 kilometer persegi, tidak bisa ditambah,

Gubernur DKI Anies Baswedan Luncurkan Aplikasi Jakhabitat dan Sirukim
Gubernur DKI Anies Baswedan Luncurkan Aplikasi Jakhabitat dan Sirukim/Pixabay

SUARAUMAT.com -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan logo dan galeri hunian Jakhabitat di Taman Martha Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2022).

Selain itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga merilis aplikasi sistem perumahan dan permukiman (Sirukim). Sementara itu, Jakhabitat merupakan integrasi dari sejumlah program pemerintah yang fokus pada perumahan bagi masyarakat.

"DKI memiliki begitu banyak program untuk bisa memastikan warga dapat hunian yang layak. Dari mulai penyediaan rusunawa, penyediaan rusunnami, kemudian penataan kampung, juga pembangunan hunian TOD," jelas Anies.

Menurutnya, upaya integrasi ini sama dengan mengintegrasikan sektor transportasi umum di Ibu Kota. Namun, Jakhabitat lebih terintegrasi dengan program perumahan Pemprov DKI Jakarta. Pemilihan nama Jakhabitat didasari oleh pemikiran bahwa Pemprov DKI akan menyediakan perumahan yang menjadi habitat tumbuh kembang warganya.

"Jak adalah Jakarta dan habitat adalah tempat di mana makhluk hidup bisa tumbuh berkembang sesuai kodratnya. Kita ingin hunian yang disiapkan adalah hunian yang memungkinan keluarga dan individu tumbuh berkembang dan meraih kebahagiannya," imbuh Anies.

Menyoroti logo Jakhabitat, terdapat huruf kapital A yang terinspirasi dari rumah adat Kampung Wairebo di Manggarai Barat, Flores Nusa Tenggara Timur yang bernama Baruniang. Huruf kapital A dalam tiga susun yang berarti hunian di Jakarta nantinya akan tumbuh secara vertikal.

"Tidak bisa lagi melebar, kenapa? Karena lebarnya Jakarta tidak bisa ditambah. Ukurannya Jakarta itu 600 kilometer persegi, tidak bisa ditambah," pungkas orang nomor satu di DKI itu.***

(sum)

COMMENTS

BEST MONTH