Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Capai 5,3 Persen, Ini Pemicunya

Dengan penguatan sektor swasta sebagai mesin pertumbuhan, kata Jokowi, pengelolaan kebijakan fiskal bisa lebih diarahkan untuk menciptakan

Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Capai 5,3 Persen, Ini Pemicunya
Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Capai 5,3 Persen, Ini Pemicunya/Ist.

SUARAUMAT.com -
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2023 sebesar 5,3 persen. Prediksi tersebut, kata Jokowi, telah mempertimbangkan dinamika perekonomian nasional saat ini, agenda pembangunan yang ingin dicapai, serta potensi risiko dan tantangan yang dihadapi.

"Kita akan berupaya maksimal dalam menjaga keberlanjutan penguatan ekonomi nasional," ujar Jokowi dalam Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2023 berserta Nota Keuangan pada Selasa, 16 Agustus 2022. 

Ekspansi produksi yang konsisten juga akan terus didorong untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Kepala Negara mengatakan berbagai sumber pertumbuhan baru harus segera diwujudkan. Pelaksanaan berbagai agenda reformasi struktural terus dipercepat untuk transformasi ekonomi.

Demikian juga investasi harus didorong dan daya saing produk manufaktur nasional di pasar global harus ditingkatkan. Dengan penguatan sektor swasta sebagai mesin pertumbuhan, kata Jokowi, pengelolaan kebijakan fiskal bisa lebih diarahkan untuk menciptakan keseimbangan.

Keseimbangan yang dimaksud Presiden Jokowi adalah antara peningkatan produktivitas dan daya saing, dengan menjaga kesehatan dan kesinambungan fiskal untuk menghadapi risiko dan gejolak di masa depan.

Jokowi meyakini bauran kebijakan yang tepat, serta sinergi dan koordinasi yang lebih erat antara otoritas fiskal, moneter, dan sektor keuangan, akan menjadi aset yang kuat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional dan penguatan stabilitas sistem keuangan.***

(sum)

COMMENTS

BEST MONTH