Mantan Menhub Jonan Hingga Ivan Lanin Berbagi Dalam BESTIE Setkab

Mantan Menhub Jonan Hingga Ivan Lanin Berbagi Dalam BESTIE Setkab /Dok. Setkab SUARAUMAT.com - Sekretariat Kabinet (Setkab) melalui Kedeput...

Mantan Menhub Jonan Hingga Ivan Lanin Berbagi Dalam BESTIE Setkab
Mantan Menhub Jonan Hingga Ivan Lanin Berbagi Dalam BESTIE Setkab /Dok. Setkab

SUARAUMAT.com -
Sekretariat Kabinet (Setkab) melalui Kedeputian Bidang Administrasi menggelar rangkaian seminar pengembangan kompetensi serta pengetahuan bagi pejabat/pegawai yang diberi tajuk “BESTIE: Bulan E-Seminar Topik dan Isu Terkini”.

Program yang dilaksanakan mulai 22 Agustus hingga 12 September 2022 ini menyajikan sepuluh topik menarik mulai dari kepemimpinan, laras bahasa, investasi, situasi perekonomian global, hingga penjenamaan pemerintah.

Deputi Bidang Administrasi (Depmin), Setkab, Farid Utomo menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan ini adalah implementasi dari arahan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk meningkatkan performa sumber daya manusia (SDM) Setkab dalam memberikan dukungan kepada presiden dan wakil presiden dalam manajemen pemerintahan.

“Pak Seskab memberi arahan bahwa kegiatan ini meliputi tema-tema atau isu-isu terkini yang tentunya memerlukan banyak kemampuan atau pembelajaran bagi pegawai-pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet,” ujar Farid saat membuka rangkaian seminar, Senin (22/08/2022).

Farid menyampaikan, sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2021 Setkab memiliki peranan penting dalam proses pemberian persetujuan presiden terhadap rancangan peraturan menteri/kepala lembaga (rpermen/rperka).

“Peraturan-peraturan menteri harus disetujui oleh Presiden. Sebelumnya, Sekretariat Kabinet melakukan analisis dan menyampaikannya kepada Presiden,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Depmin, sangat penting bagi SDM Setkab untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya serta mengetahui isu-isu terkini di masyarakat.

“Untuk itu, selamat mengikuti kegiatan BESTIE ini dengan baik dan lancar,” tandasnya.

Kegiatan BESTIE ini sendiri diagendakan tiga kali dalam seminggu yang dimulai pada Senin (22/08/2022). Hadir sebagai pembicara pertama adalah Ignasius Jonan dengan materi bertajuk “Leadership: Great Leaders, Great Influencers”

Sesi pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode tahun 2016-2019, Menteri Perhubungan (Menhub) periode 2014-2016, serta Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) periode 2009-2014 ini disambut antusias dan diikuti oleh sekitar 400 pejabat/pegawai di lingkungan Setkab.

Selain Jonan, akan hadir juga sebagai pembicara yaitu Direktur Utama Narabahasa Ivan Razela Lanin yang akan berbagi mengenai penulisan yang efektif dengan tajuk “Mengenal Laras Bahasa: Penulisan Efektif dan Ragam Penggunaannya”. Selanjutnya akan hadir Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing yang membahas mengenai investasi serta Wakil Kepala Bidang Penelitian, Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Kiki Verico, yang akan mengulas tentang respons perkembangan ekonomi dunia.

Pembicara lainnya yang telah dipersiapkan untuk mengisi BESTIE adalah Subkoordinator Penyusunan Perancangan Peraturan Perundang-undangan bidang Disiplin Pegawai Aparatus Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Rani Adhita Nanduri Siregar; Principal Center for Risk Management and Sustainability (CRMS) Franciskus Antonius Alijoyo; Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Reformasi Birokrasi, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Riki Antariksa; serta Dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Ades Adrian Firmansyah.

Selain itu, akan hadir juga Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Martini M. Paham; Widyaiswara Madya pada Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara (PPKASN Kemensetneg), serta empat orang pegawai Setkab peraih beasiswa Luar Negeri dari berbagai program yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Australian Award Scholarships (AAS), Orange Tulip, dan Korea International Cooperation Agency (KOICA).*** (sum)

COMMENTS

BEST MONTH