Sidang MPR 2022, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Paksian Asal Bangka Belitung, Ini Maknanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencuri perhatian saat datang ke acara tersebut karena mengenakan pakaian adat Paksian, Provinsi Bangka Belitung.

Sidang MPR 2022, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Paksian Asal Bangka Belitung, Ini Maknanya
Jokowi Pakai Baju Adat dari Bangka Belitung. (Foto: Biro Pers Setpres)

SUARAUMAT.com -
Setiap tahun sebelum 17 Agustus 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membacakan sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan RUU APBN 2023.

Dalam kesempatan yang digelar hari ini, Senin (16/8/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencuri perhatian saat datang ke acara tersebut karena mengenakan pakaian adat Paksian, Provinsi Bangka Belitung.

Presiden ke-7 Republik Indonesia ini mengenakan jubah yang dilengkapi dengan selempang berwarna hijau, dan di dalamnya terdapat kancing atas dengan warna yang sama.

Dikutip dari akun Instagram Diskoninfobabel, selempang yang disampirkan di bahu kanan baju adat Paksian ini memiliki makna tersendiri, yang menandakan pria yang bertanggung jawab.

Pakaian adat Paksian tersebut didominasi oleh warna hijau dan memiliki motif pucuk rebung. Motifnya sendiri melambangkan kerukunan, keharmonisan, sedangkan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Untuk melengkapi penampilannya, Jokowi juga tampak mengenakan sorban bernama sungkon. Pakaian adat Paksian sendiri konon memiliki pengaruh Cina dan Arab.

Untuk bawahannya, Jokowi memadukannya dengan kain songket merah yang dililitkan di lutut dan dipadukan dengan celana hijau yang senada dengan atasannya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi terlihat hadir bersama istrinya, Iriana di gedung DPR/MPR sekitar pukul 08.55 WIB, Selasa (16/8/2022). Ia dikawal oleh anggota Paspampres.

Jokowi langsung bersalaman dengan sejumlah pejabat yang hadir, dan tampak berfoto bersama para pimpinan lembaga negara.


COMMENTS

BEST MONTH